//

ANALISIS KOMUNITAS PLANKTON DI KOLAM PENAMPUNGAN AIR LINDI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR GAMPONG JAWA KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Sri Rezki Ramadhani - Personal Name
SubjectZOOPLANKTON
KOMUNITAS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Sri Rezki Ramadhani. 2016. Analisis Komunitas Plankton di Kolam Penampungan Air Lindi Tempat Pembuangan Akhir Gampong Jawa Kota Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Prof. Dr. M. Ali S, M.Si. (2) Dr. Ismul Huda, M.Si. Kata kunci: Kepadatan, keanekaragaman, dominansi, similaritas, Plankton, air lindi. Air lindi merupakan limbah cair tercemar yang terbentuk karena masuknya air eksternal ke dalam timbunan sampah, kemudian membilas dan melarutkan materi yang ada pada timbunan tersebut. Plankon merupakan salah satu bioindikator yang dapat digunakan untuk melihat tingkat pencemaran suatu perairan. Analisis plankton dari kolam penampungan air lindi tempat penampungan akhir Gampong Jawa Kota Banda Aceh telah dilaksanakan di Laboratorium Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsyiah pada April-November 2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan, keanekaragaman, dominansi, dan similaritas plankton. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei, pengambilan sampel menggunakan metode purposive random sampling. Pengambilan sampel plankton dilakukan pada tiga kolam. Hasil penelitian diperoleh tujuh spesies fitoplankton yaitu Cymbella sp., Chroococcus sp., Denticula sp., Merismopedia sp., Mougeotia sp., Nitzschia sp., dan Triceratium sp. Kepadatan plankton pada kolam I adalah 250 ind/L, kolam II 1.070 ind/L dan kolam III 350 ind/L. Indeks keanekaragaman (Ĥ) plankton tertinggi didapat pada kolam III yaitu dengan nilai 1,072, sedangkan nilai indeks keanekaragaman pada kolam I dan II adalah 0,833 dan 1,012. Indeks dominansi masing-masing kolam adalah 0,462 untuk kolam I, 0,492 untuk kolam II, dan 0,350 untuk kolam III. Indeks similaritas plankton antar kolam 1 dan 3 yaitu 67%, atar kolam I dan II yaitu 60% dan antar kolam II dan III yaitu 60%. Simpulan dari penelitian ini adalah keseluruhan tingkat keanekaragaman plankton di kolam lindi TPA Gampong Jawa ini adalah rendah. Tingkat dominansi plankton di TPA Gampong Jawa Kota Banda Aceh adalah rendah, menunjukkan bahwa tidak ada spesies yang mendominasi spesies lain. Tingkat kemiripan (similaritas) plankton antar kolam di TPA Gampong Jawa Kota Banda adalah tinggi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRUKTUR KOMUNITAS ZOOPLANKTON DI MUARA GAMPONG TIMANG KECAMATAN PANTE RAJA KABUPATAN PIDIE JAYA (Maulana Akbar, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI PADANG LAMUN PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR (SORAYA NABILA, 2015)

IDENTIFIKASI SEBARAN LINDI DI TEMPAT PEMBUANGAN AKHIR (TPA) GAMPONG JAWA MENGGUNAKAN METODE RESISTIVITAS (Abdul Razaq, 2016)

STRUKTUR KOMUNITAS PLANKTON DI PERAIRAN RNPELABUHAN PERIKANAN KUALA IDI RAYEUK, RNKABUPATEN ACEH TIMUR (MAULIDDIN, 2015)

STRUKTUR KOMUNITAS ZOOPLANKTON DI ESTUARI PANGKALAN PENDARATAN IKAN (PPI) LAMBADA LHOK, ACEH BESAR (ZAIRINI NURIS, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy