//

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR ENDOFIT PADA DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINIL)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Suci Hatru Ramadhani - Personal Name
SubjectMEDICINAL PLANTS
ANTIBIOTICS - CHEMISTRY
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jamur endofit yang hidup pada jaringan tumbuhan berpotensi menghasilkan senyawa metabolit sekunder sama seperti inangnya. Penelitian ini berupaya mengidentifikasi jenis-jenis jamur endofit yang terdapat pada daun Jamblang (Syzigium cumini L.). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan metode yang digunakan adalah metode eksplorasi dan experimen. Sampel yang digunakan pada penelitian ini yaitu daun Jamblang yang berasal dari Desa Ujongbatee, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar.Pengumpulan data dilakukan dengan tahapan sebagai berikut: (1) isolasi dengan menggunakan metode sterilisasi permukaan (sterilization surface) dan (2) identifikasi jamur endofit secara konvensional yaitu dengan mengamati karakter fenotipik morfologi secara mikroskopik dan makroskopik lalu dibandingkan dengan monograf.Hasil penelitian menunjukkanjamur endofit yang berhasil diisolasi dari daun Jamblang sebanyak 11 jenis dan yang berhasil diidentifikasi adalah sebanyak 7 jenis dan dikelompokkan ke dalam 7 genus yaitu Fusarium, Macrophopmina, Dactylella, Paecilomyces, Nigrospora, Acremonium dan Colleotrichum. Jenis-jenis jamur endofit yang terdapat pada daun muda adalah Fusarium sp., Isolat I, Paecilomyces sp., Isolat III, Macrophomina sp., dan Acremonium sp. Pada daun setengah tua terdapat jamur endofit Fusarium sp., Macrophomina sp., Paecilomyces sp., Isolat I, dan Isolat II. Pada daun tua, jenis jamur endofit yang didapat adalah Dactyela sp., Fusarium sp., Nigrospora sp., Acremonium sp., dan Colletotrichum sp., Isolat I, Isolat III, dan Isolat IV. Kata kunci: isolasi, identifikasi, jamur endofit, daun jamblang

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR ENDOFIT PADA KULIT BUAH DELIMA PUTIH (PUNICA GRANATUM L.) (Nurul Husna, 2016)

EKSPLORASI JAMUR ENDOFIT ASAL PISANG (MUSA PARADISIACA L.) SEBAGAI AGENS ANTAGONIS TERHADAP JAMUR PATOGEN FUSARIUM OXYSPORUM SECARA IN VITRO (Nora Fajrina, 2016)

EFEK ANTIBAKTERI EKSTRAK DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) DARI PROPINSI ACEH TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (IN VITRO) (SILMI AHYA, 2018)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK METANOL DAUN JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI (L.) SKEELS) TERHADAP BAKTERI SALMONELLA TYPHI (Nurhartini, 2016)

ISOLASI SENYAWA BIOAKTIF DARI JAMUR ENDOFIT PADA DAUN GELINGGANG GAJAH (CASSIA ALATA) SEBAGAI ANTIBIOTIK (Reza Hidayat, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy