//

KEMAMPUAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ervina Mardani - Personal Name
SubjectCURRICULUMS
CURRICULUM DEVELOPMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mardani, Ervina. 2016. Kemampuan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Produktif di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Rosmala Dewi, M.Pd (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd Kata kunci : kemampuan guru, implementasi Kurikulum 2013, pelajaran produktif Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana kemampuan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran produktif. Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang memiliki beberapa kendala yang harus dihadapi. Secara khusus penelitian ini mendeskripsikan (1) kemampuan guru dalam menyusun RPP sesuai dengan Kurikulum 2013 (2) kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013 (3) kemampuan guru dalam melakukan penilaian akhir dari proses pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 5 orang guru. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik analisis data, observasi, wawancara, dan dokumenter. Kemudian data dianalisis dengan analisis kualitatif yaitu, Reduksi data, Display data, Verifikasi, dan Mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh bahwa, (1) Guru dalam menyusun RPP umumnya sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun ada 3 orang responden yang masih belum sesuai dalam menentukan alat/media yang sesuai dengan pelajaran yang akan diajarkan. (2) Guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran pada dasarnya sudah menggunakan pendekatan Scientifiec, akan tetapi semua responden tidak menyampaikan tujuan pembelajaran, dan masih ada responden yang kurang memberikan motivasi, serta kurang memfasilitasi peserta didik untuk menalar dan mengkomunikasikan. (3) Guru dalam melakukan penilaian umumnya sudah sesuai dengan Kurikulum 2013, namun yang masih kurang dilakukan guru adalah memberikan evaluasi pengetahuan di akhir pembelajaran. Kesimpulan dari penelitian ini adalah implementasi Kurikulum 2013 pada proses pembelajaran yang meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, serta penilaian proses dan hasil pembelajaran belum sepenuhnya sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013, oleh karena itu perlu dilakukan pembenahan agar mampu mencapai tujuan pendidikan serta meningkatkan mutu pendidikan menjadi lebih baik lagi.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU MATA PELAJARAN IPA DALAM PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI KABUPATEN PIDIE (NURMASYITHAH, 2018)

IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN PRAKARYA DI MAN I BANDA ACEH (Sri Rizki Fitria, 2016)

KENDALA GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN BUKU PAKET KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 50 BANDA ACEH (Lini Yulia, 2017)

PERSEPSI GURU TENTANG MATA PELAJARAN SBDP DALAM KURIKULUM 2013 DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (INA NILLAILI, 2018)

KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KENDALA GURU DALAM MENERAPKAN KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA (Cut Raisahaya, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy