Perbandingan Performansi antara Server MySQL Cluster Berbasis Server Fisik dengan Server Virtual | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

Perbandingan Performansi antara Server MySQL Cluster Berbasis Server Fisik dengan Server Virtual


Pengarang
Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0904105010014

Fakultas & Prodi

Fakultas Teknik / Teknik Elektro (S1) / PDDIKTI : 20201

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Teknik Elektro., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

025.04

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kebutuhan akan database yang handal menjadi sebuah tuntutan dalam perkembangan dunia database, sehingga Database Management System (DBMS) selalu berkembang dari waktu ke waktu, baik itu MySQL, MariaDB, dan sebagainya. MySQL merupakan salah satu platform database yang sudah jamak digunakan. Namun mengaca kepada tuntutan tadi, maka MySQL-pun mengalami perkembangan, salah satunya melalui MySQL Cluster. Ada dua opsi dalam proses penginstalan MySQL Cluster, yakni langsung ke server fisik, ataupun berupa virtual dalam bentuk Virtual Machine (VM), yang berada di dalam platform virtualisasi. Dalam penelitian ini dilakukan perbandingan antara MySQL Cluster yang berbasis server fisik dengan server virtual. Perbandingan dilakukan menggunakan aplikasi Sysbench mode test OLTP dengan metode read-only dan advanced transactional dengan parameter execution time. Hasil percobaan menunjukkan bahwa untuk kedua metode tersebut yakni read-only dan advanced transactional, execution time pada MySQL Cluster berbasis server fisik lebih cepat dibandingkan dengan server virtual, dengan perbedaan yang tidak signifikan.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK