//

KETUNTASAN BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAME TURNAMENT (TGT) PADA MATERI BANGUN RUANG DI KELAS VIII MTsN TUNGKOB ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yusnimar - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
TEAM GAME TOURNAMENT TYPE
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT, Ketuntasan Belajar, Bangun Ruang Ketuntasan belajar suatu kelas merupakan pencapaian hasil belajar. Hasil belajar sangat penting untuk melihat kemampuan siswa setelah menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru dan berperan sebagai informasi kepada guru tentang kemajuan siswa dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran. Salah satu faktor rendahnya hasil belajar siswa adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang diterapkan oleh guru dan membuat siswa bosan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, guru dapat berusaha dengan menerapkan model-model pembelajaran, model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Turnament (TGT) termasuk model pembelajaran yang dapat dilaksanakan dalam pembelajaran matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat ketuntasan belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams-Games-Tournament (TGT) pada materi bangun ruang di kelas VIII4 MTsN Tungkob Aceh Besar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar, adapun yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VIII4 berjumlah 36 siswa. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t satu pihak dengan taraf signifikan dan derajat kebebasan dk = 35. Dari hasil uji normalitas didapat data bersifat distribusi normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Pada uji-t diperoleh lebih besar dari , yaitu 5,73 1,70 ini menunjukkan bahwa H0 di tolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat mencapai ketuntasan belajar siswa pada materi bangun ruang di kelas VIII MTsN Tungkob Aceh Besar.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEKNIK TEAM QUIZ UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PRANATA SOSIAL MATA PELAJARAN IPS TERPADU KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 KUTA BARO ACEH BESAR (Handayani, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAME TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA KARTU SOAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR GEOGRAFI SISWA KELAS X IS MAN 3 BANDA ACEH (Mardani Saputra, 2017)

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA MATERI GAYA UNTUK MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR SISWA DI KELAS IV SDN BUENG CALA ACEH BESAR (Sri Wahyuni, 2013)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH (SRI WAHYUNI, 2015)

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPETEAM GAME TOURNAMENT(TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASILRNBELAJAR GEOGRAFI PADA SISWA KELAS XI IPS SMAN 5 BANDA ACEH (JOUL FITRIADI, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy