ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR ENDOFIT PADA KULIT BUAH DELIMA PUTIH (PUNICA GRANATUM L.) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

ISOLASI DAN IDENTIFIKASI JAMUR ENDOFIT PADA KULIT BUAH DELIMA PUTIH (PUNICA GRANATUM L.)


Pengarang

Nurul Husna - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103010025

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Biologi (S1) / PDDIKTI : 84205

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

547.7

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Husna, Nurul. 2016. Isolasi dan Identifikasi Jamur Endofit pada Kulit Buah Delima Putih (Punica granatum L.). Skripsi, Jurusan Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala.
Pembimbing: (1) Dr. Samingan, M.Si., (2) Iswadi, S.Pd., M.Si.
Kata kunci : jamur endofit, kulit buah delima putih, identifikasi
Tumbuhan tingkat tinggi dapat mengandung beberapa mikroba, salah satunya adalah jamur endofit. Jamur endofit merupakan mikroorganisme yang terdapat di dalam organ tumbuhan seperti biji, daun, bunga, ranting, batang dan akar. Delima putih adalah salah satu tumbuhan tingkat tinggi yang berasosiasi dengan jamur endofit. Delima putih mempunyai banyak manfaat di dalamnya antara lain sebagai antimikroba. Jamur endofit yang terdapat di dalam jaringan tumbuhan menghasilkan senyawa yang sama dengan inangnya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui jenis jamur endofit yang terdapat pada kulit buah delima putih dan mengetahui perbedaan jenis jamur endofit pada tiga tingkat kematangan buah. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pengambilan sampel, pembuatan media, isolasi jamur, dan identifikasi jamur. Berdasarkan hasil analisis data, temuan penelitian dapat dikemukakan sebagai berikut: ditemukan jamur endofit pada tiga tingkat kematangan buah delima putih yang dibagi ke dalam tujuh jenis jamur, yaitu Penicillium sp.1, Penicillium sp.2, Aspergillus sp.1, Aspergillus sp.2, Aspergillus sp.3, Phytium sp, dan jenis jamur yang tidak dapat diidentifikasi. Ada perbedaan jumlah jenis jamur endofit pada ketiga tingkat kematangan buah, namun ada satu jenis jamur yang ada pada ketiga tingkat kematangan buah delima yaitu Penicillium sp.1. Kehadiran jamur endofit tersebut salah satu penyebabnya adalah nutrisi yang ada dalam kulit buah delima putih. Perbedaan jenis jamur endofit pada tiga tingkat kematangan buah delima putih yaitu muda, setengah tua, dan tua, mungkin salah satu penyebabnya adalah senyawa yang ada dalam kulit buah delima putih tersebut.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK