//

ANALISIS EKONOMI FUNGSI BIAYA PRODUKSI, PENETAPAN TARIF DAN ALOKASI AIR MINUM YANG EFISIEN : STUDI KASUS DI PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yushar - Personal Name
SubjectCOST ANALISIS
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS EKONOMI BISNIS UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Judul : Analisis Ekonomi Fungsi Biaya Produksi, Penetapan Tarif dan Alokasi Air Minum yang Efisien: Studi Kasus di PDAM Tirta Daroy Kota Banda Aceh Nama : Yushar Nim : 1201101010156 Fakultas/Jurusan : Ekonomi dan Bisnis/ Ekonomi Pembangunan DosenPembimbing : Dr. Sofyan Syahnur,S.E.,M.Si Kosentrasi : Ekonomi Publik Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi biaya produksi air bersih, tingkat efisiensi biaya produksi, serta menghitung harga pokok penjualan di PDAM Tirta Daroy. Metode pendugaan Ordinary Least Square (OLS) digunakan untuk menduga parameter dari biaya produksi air yaitu jumlah produksi air dan tingkat kebocoran. Hasil analisis menunjukkan jumlah produksi air berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap biaya produksi air bersih. Dalam hasil analisis regresi diatas diperoleh 1 + 2 > 1 menunjukkan increasing return to scale. Artinya dari segi biaya, proporsi penambahan faktor produksi (output) akan menghasilkan tambahan biaya produksi yang proporsinya lebih besar, sehingga biaya produksi menjadi tidak efesien. Selain itu, peningkatan biaya produksi semakin menunjukkan pengurangan terhadap efesiensi produksi air. Tingkat efisiensi air yang sampai ke pelanggan hanya berkisar 45 persen dari jumlah air yang diproduksi. Berdasarkan rumus harga pokok penjualan diperoleh tarif sebesar Rp1.963/ , sedangkan penetapan tarif yang berlaku sebesar Rp.6.945/ . Perbedaan selisih antara harga pokok penjualan dengan penetapan tarif yang berlaku seharusnya dapat memberikan keuntungan bagi PDAM Tirta Daroy, namun dari laporan laba/rugi menunjukkan PDAM Tirta Daroy mengalami kerugian hampir setiap tahunnya. Salah satu penyebab kerugian adalah biaya tidak langsung yang lebih besar daripada pendapatan usaha. Maka dari itu, tingginya angka biaya tidak langsung usaha mengakibatkan PDAM Tirta Daroy belum sepenuhnya efisien sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam mengelola air bersih untuk wilayah Kota Banda Aceh. Kata Kunci : Biaya Produksi, Tarif, PDAM Tirta Daroy.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

TIJAUAN KINERJA DAN STRATEGI PELAYANAN AIR BERSIH PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (HAIQAL HAKIM RADEN, 2019)

PELAKSANAAN PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN (ARDIYANSYAH, 2019)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH (Ridwan, 2017)

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA DAROY TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN DI ZONA 3 DAN 4 KOTA BANDA ACEH (Ridwan, 2017)

SISTEM PENERIMAAN BIAYA PENDAFTARAN PELANGGAN BARU PADA PDAM TIRTA DAROY KOTA BANDA ACEH (BAIHAQI AZAMI, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy