//

PENGARUH DOSIS ARANG KOMPOS BIOAKTIF DAN JENIS ZAT PENGATUR TUMBUH TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK NILAM

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Fitri Pratama Ayu Marpaung - Personal Name
SubjectHORMON
Bahasa Indonesia

Abstrak/Catatan

Nilam (Pogostemon cablin Benth.) adalah salah satu jenis tanaman industri penghasil minyak atsiri yang digunakan sebagai bahan baku dan pencampur dalam industri kosmetik, sabun, antiseptik, parfum, farmasi, insektisida dan pengobatan aromaterapi. Permasalahan yang terjadi dalam budidaya nilam adalah produktivitas yang rendah dan tingkat kematian setek yang tinggi. Penelitian ini bertujuan mengetahui dosis arang kompos bioaktif dan jenis zat pengatur tumbuh yang tepat terhadap pertumbuhan setek nilam. Penelitian ini dilakukan di kebun percobaan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan desain Rancangan Acak Kelompok faktorial yang terdiri dari 4 taraf dosis arang kompos bioaktif yaitu : kontrol 0, 5, 20, dan 15 ton ha-1 dan jenis zat pengatur tumbuh yang terdiri dari 3 jenis yaitu: kontrol (air), air kelapa muda 50% dan IBA 25 ppm. Parameter pengamatan berupa saat muncul tunas, jumlah tunas, panjang tunas, jumlah daun, tinggi ruas, luas daun, jumlah akar, panjang akar, dan berat akar segar. Analisis data menggunakan analisis varian kemudian dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf kepercayaan 95%. Hasil pengamatan menunjukkan bahwa dosis arang kompos bioaktif dan jenis zat pengatur tumbuh mempengaruhi pertumbuhan setek nilam. Hasil terbaik dosis arang kompos bioaktif dicapai pada pemberian dosis arang kompos bioaktif 15 ton ha-1. Jenis zat pengatur tumbuh terbaik dicapai pada air kelapa muda 50%. Kombinasi terbaik antara dosis arang kompos bioaktif dengan jenis zat pengatur tumbuh adalah tanpa pemberian dosis arang kompos bioaktif dan jenis pengatur tumbuh IBA 25 ppm. Kata kunci : arang kompos bioaktif, zat pengatur tumbuh, setek nilam

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI DOSIS ARANG KOMPOS BIOAKTIF DAN KONSENTRASI PUPUK ORGANIK CAIR TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN TERUNG (SOLANUM MELONGENA L.) (CUT NUR MAULIZA SATTARI, 2016)

PENGARUH KONSENTRASI GROWTONE DAN ASAL BAHAN TANAM TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK TANAMAN NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH.) (Revira Sari. R, 2019)

PENGARUH PEMBERIAN PUPUK KANDANG KOTORAN AYAM DAN BIOCHAR TERHADAP PERTUMBUHAN SETEK NILAM (POGOSTEMON CABLIN BENTH) (Irfan Maulana, 2014)

INTEGRASI ANTARA KOMPOS LIMBAH AMPAS NILAM (LAN), MIKROBA ANTAGONIS DAN MINYAK ATSIRI DALAM PENGENDALIAN PENYAKIT BUDOK (SYNCHYTRIUM POGOSTEMONIS) (Vinny Pratiwi, 2021)

VIABILITAS BENIH CABAI (CAPSICUM ANNUUM L.) KADALUARSA DENGAN MENGGUNAKAN MATRICONDITIONING DAN KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH (taqqur meranda, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy