//

AKUNTABILITAS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA PASCA PEMBERLAKUAN UNDANG-UNDANG DESA (STUDI KASUS PADA GAMPONG HARAPAN KOTA LHOKSEUMAWE)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang MUSTAZIR RAMLI - Personal Name
SubjectFINANCIAL ACCOUNTING
VILLAGES - GOVERMENT
Bahasa Indonesia
Fakultas Prog. Studi Magister Administrasi Pendidikan Unsyiah
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana mekanisme dan bentuk akuntabilitas pengelolaan keuangan desa. Penelitian juga akan menggambarkan kapasitas pemerintah desa dalam mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan desa. Selain itu, penelitian juga akan mengidentifikasi faktor yang berperan dalam mewujudkan akuntabilitas pengelolaan keuangan desa dengan mengambil studi kasus di Gampong Harapan Kota Lhokseumawe. Penelitian ini merupakan desain penelitian studi kasus. Sumber data yang digunakan ada dua, pertama data primer yang dikumpulkan dengan cara wawancara dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh dengan cara mengumpulkan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme akuntabilitas pengelolaan keuangan desa di Gampong Harapan telah terwujud dengan baik. Bentuk akuntabilitas pada Gampong Harapan yaitu akuntabilitas vertikal dan akuntabilitas horizontal. Adapun kapasitas dari pemerintah gampong harapan sangat didukung dengan keberadan aparatur gampong yang memahami administrasi dan ilmu akuntansi. Hasil penelitian juga mendapatkan bahwa terdapat sembilan faktor yang berperan dalam mewujudkan akuntabilitas pada Gampong Harapan Kota Lhokseumawe.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KESIAPAN APARATUR DESA DALAM PELAKSANAAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SECARA AKUNTABILITAS SESUAI UNDANG-UNDANG NOMOR 6 TAHUN 2014 TENTANG DESA (STUDI PADA BEBERAPA DESA DI KABUPATEN PIDIE) (Saifatul Husna, 2016)

PENGARUH KOMPETENSI, SISTEM KEUANGAN DESA, DAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA TERHADAP AKUNTABILITAS DENGAN PENGELOLAAN KEUANGAN DESA SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI KABUPATEN PIDIE JAYA (Cut Nadhifa Harafonna, 2019)

PENGARUH KOMPETENSI PERANGKAT DESA, PARTISIPASI MASYARAKAT DAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (DARA FITRINANDA, 2019)

PENGARUH PENERAPAN SISTEM KEUANGAN DESA (SISKEUDES), KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA DAN SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN GAMPONG DI KOTA BANDA ACEH (MUHAMMAD JAUHAR IHSAN, 2021)

PENGARUH KAPASITAS APARATUR DESA, KETAATAN PELAPORAN KEUANGAN, DAN KUALITAS PENGAWASAN BPD (BADAN PERMUSYAWARATAN DESA) TERHADAP KINERJA PENGELOLAAN KEUANGAN DESA (STUDI PADA KECAMATAN GANDAPURA KABUPATEN BIREUEN) (Finta Munti, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy