//

ANALISIS PENGARUH VARIABEL MONETER DAN HARGA SAHAM REGIONAL ASEAN TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI INDONESIA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Jul Fahmi Salim - Personal Name
SubjectSTOCKS - ACCOUNTING
CAPITAL ACCOUNTING
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Ilmu Ekonomi
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variabel moneter berupa kurs dan suku bunga Bank Indonesia (BIRATE) dan saham regional ASEAN yaitu KLSE (Kuala Lumpur Stock Exchange) , SET (Stock Exchange Of Thailand), STI (Straits Times Index) serta krisis keuangan global terhadap Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Indonesia. Penelitian ini menggunakan data runtun waktu bulanan dari bulan Juni 2005 hingga bulan Juni 2016 dengan jumlah sampel sebanyak 133 bulan. Model yang digunakan adalah Vector Error Correction Model (VECM) dengan menggunakan software Eviews 7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam jangka panjang semua variabel penelitian dalam model mencapai keseimbangan. Berdasarkan uji Kausalitas Granger tidak ada hubungan dua arah pada setiap variabel penelitian. Dari hasil uji IRF ditemukan bahwa adanya comovement antara saham di ASEAN, selain itu kurs juga berpengaruh positif terhadap IHSG. Sedangkan BIRATE dan DKG berpengaruh negatif terhadap IHSG. Diharapkan pemerintah bisa lebih hati-hati dalam menetapkan BIRATE, mengingat respon negatif yang ditunjukkan oleh BIRATE. Selain itu pemerintah juga harus mampu mengantisipasi krisis keuangan dengan kebijakan moneter yang lebih baik agar mampu bertahan dari guncangan krisis keuangan terebut. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk menambah variabel moneter lainnya seperti inflasi serta indeks saham negara lainnya. Kata Kunci : IHSG, Kurs, and BIRATE, KLSE, SET, STI, Krisis Keuangan Global, KPSS, VECM, IRF ,Variance Decomposition, EViews.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PENGARUH VARIABEL MONETER DAN HARGA SAHAM REGIONAL ASEAN TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN (IHSG) DI INDONESIA (Jul Fahmi Salim, 2016)

ANALISIS HUBUNGAN VARIABEL MAKROEKONOMI DAN IHSG INDONESIA (RINI ROCHMANIZA, 2016)

PENGARUH FLUKTUASI NILAI TUKAR RIIL TERHADAP INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DI INDONESIA (serli arlina, 2013)

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP PROFITABILITAS DAN DAMPAKNYA TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN SEKTOR KEUANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (Abdul Halim, 2017)

PENGARUH PER, EPS, ROA DAN DER TERHADAP HARGA SAHAM PERUSAHAAN PERBANKAN YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) (FEBRIAN FIRDAUS, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy