//

USAHA IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMPRODUKSI KERAJINAN GERABAH DI DESA ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yana Yulia - Personal Name
SubjectHOUSEWIVES
HOUSEHOLD MANAGEMENT
FINANCIAL PLANNING
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Yana Yulia. 2016. Usaha Ibu Rumah Tangga Dalam Memproduksi Kerajinan Gerabah di Desa Ateuk Jawo Kecamatan Baiturrahman. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan , Universitas Syiah Kuala. Pembimbing : (1) Dra. Fikriah Noer, M.Pd (2) Dra. Rahmi Kamal, M.Pd Kata Kunci: Usaha, Kerajinan Gerabah Wanita sebagai pengrajin turut berperan serta dalam rangka pendayagunaan sumber daya manusia dengan memanfaatkan waktu dalam berusaha di bidang kerajinan. Dalam kondisi sekarang, dimana rata-rata keluarga masih dalam taraf kehidupan ekonomi rendah, maka pencari nafkah bukan hanya suami saja, tetapi istri pun turut berusaha sebagai pencari nafkah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konstribusi hasil usaha kerajinan gerabah dalam memenuhi penunjang ekonomi keluarga, jenis benda yang dihasilkan pengrajin gerabah dan hambatan-hambatan yang dihadapi pengrajin gerabah dalam mengembangkan kerajinan gerabah di Kecamatan Baiturrahman. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang bersifat naturalistik, dengan subjek penelitian 5 responden. Teknik pengambilan data menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data ini diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa benda yang dihasilkan berupa belanga, cobek, vas bunga kering. Konstribusi yang diperoleh dari usaha kerajinan gerabah dapat membantu memenuhi kebutuhan keluarga, dan digunakan untuk biaya pendidikan anak, serta keperluan pokok rumah tangga lainnya. Hambatan yang dihadapi pengrajin adalah pada proses pengambilan tanah liat dipersawahan karena bila tanah tergenang air maka tanah tersebut tidak dapat digunakan dan pada proses penjemuran atau proses pembakaran bila cuaca mendung maka proses tersebut tidak berjalan lancar. Kesimpulan dari hasil penelitian yaitu jenis benda yang banyak dihasilkan yaitu belanga, cobek, vas bunga kering, kerajinan tersebut merupakan kerajinan paling banyak diminati oleh konsumen. Konstribusi hasil usaha digunakan untuk kebutuhan biaya sehari-hari, untuk pemasarannya pengrajin melakukannya melalui agen tertentu. Saran bagi pengrajin yang mengembangkan usaha kerajinan gerabah yaitu agar bakat dan minat yang dimiliki dapat ditingkatkan melalui kreativitas benda yang dihasilkan misalkan menciptakan kreasi baru.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UPAYA PENGRAJIN GERABAH DALAM MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI KERAJINANNYA DI GAMPONG ATEUK JAWO KOTA BANDA ACEH (DESLIMA SAFDA, 2019)

USAHA IBU RUMAH TANGGA DALAM MEMPRODUKSI KERAJINAN GERABAH DI DESA ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN (Yana Yulia, 2016)

ANALISIS RENTABILITAS USAHA PENGOLAHAN DENDENG IKAN TENGGIRI PADA UD BLANG RAYA DI KAMPUNG ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN BANDA ACEH (LINDA MARLINA, 2020)

ANALISIS KEUNTUNGAN USAHA DENDENG IKAN TENGGIRI DI DESA ATEUK JAWO KECAMATAN BAITURRAHMAN KOTA BANDA ACEH (Novera Jakfar, 2020)

STRATEGI PENGEMBANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA KERA.JINAN ROTAN DI DESA KUEH KECAMATAN LHOKNGA KABUPATEN ACEH BESAR (Sri Haryana, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy