//

KONSISTENSI PENERAPAN MOTIF PINTOE ACEH, MOTIF REUNCONG DAN MOTIF KUPIAH MEUKUTOP PADA KUPIAH ACEH PRODUKSI SINAR MUDA DESA BRANDANG BAYU KECAMATAN SYAMTALIRA BAYU KABUPATEN ACEH UTARA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yuni Muzdalifah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata kunci: konsistensi, kerajinan, Kupiah Aceh Penelitian yang berjudul “konsistensi penerapan motif Pintoe Aceh, motif Reuncong dan motif Kupiah Meukutop pada Kupiah Aceh produksi Sinar Muda Desa Brandang Bayu Kecamatan Syamtalira Bayu Kabupaten Aceh Utara” ini mengangkat masalah bagaimanakah konsistensi penerapan motif Pinto Aceh, motif Reuncong, dan Kupiah Meukutop dengan motif-motif lain pada Kupiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang konsistensi penerapan motif Pinto Aceh, motif Reuncong, dan Kupiah Meukutop dengan motif-motif lain pada pembuatan Kupiah Aceh tersebut. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Dari hasil penelitian diperoleh data tentang motif yang masih konsisten digunakan pada Kupiah Aceh adalah motif Pintoe Aceh, motif Reuncong dan motif Kupiah Meukutop. Selain itu juga mengembangkan motif-motif lain yang digunakan di pinggir-pinggir motif Pintoe Aceh, motif Reuncong dan motif Kupiah Meukutop. Motif-motif yang digunakan di rumah produksi Sinar Muda diantaranya motif awan-awan (awan berarak), motif Sisek Meuria (sisik rumbia), motif Puta Taloe (pintal tali), motif Bungong Glima (bunga buah delima), motif Bungong Kundo (bunga buah kundur), motif Pucok rebung (pucuk tunas bambu), motif Oen Paku (daun pakis), motif Sisek Naga (sisik naga), motif Gigoe Darut (gigi balalang), motif Reuncong (rencong), dan motif Awan Si Tangke.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN MOTIF KUPIAH MEUKEUTOP SEBAGAI HIASAN PADA BUSANA DAN PELENGKAPNYA (Maulidiana, 2017)

RAGAM MOTIF DAN MAKNA YANG TERDAPAT PADA KUPIAH RIMAN DI DESA ADAN MEUNASAH DAYAH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE (Zakiati Am, 2018)

EKSISTENSI DAN MAKNA FILOSOFI MOTIF IJA KROENG ACEH (TYA HAFNI HUMAIRA, 2021)

HUBUNGAN PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN MOTIF AFILIASI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH (DILLA TASLIA, 2015)

PROSES PEMBUATAN KUPIAH MEUKEUTOP DI DESA GAROT CUT KECAMATAN INDRAJAYA KABUPATEN PIDIE (Nurlisma, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy