//

POLA PENGASUHAN ORANG TUA BAGI ANAK YANG BERPRESTASI DI SMP NEGERI 6 BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Iza Maulina - Personal Name
SubjectCHILD CARE
Bahasa Indonesia
Fakultas FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Iza, Maulina. 2016. Pola Pengasuhan Orang Tua Bagi Anak Yang Berprestasi di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syah Kuala. Pembimbing: (1) Dr. Anizar Ahmad, M.Pd.,(2) Dra. Fitriana, M.Si Kata kunci: pola pengasuhan orang tua bagi anak berprertasi Pola pengasuhan merupakan interaksi antara orang tua dan anak. Interaksi yang dimaksud adalah cara orang tua mendidik, membimbing, melindungi anak untuk mencapai kedewasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola pengasuhan yang diterapkan orang tua bagi anak yang berprestasi di SMP Negeri 6 Banda Aceh, dan upaya orang tua dalam menunjang prestasi anak di SMP Negeri 6 Banda Aceh. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Responden terdiri atas 10 orang. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pola pengasuhan yang diterapkan bersifat otoritatif dimana orang tua memberikan kebebasan kepada anak untuk berkreasi dan memberi pendapat mengenai berbagai hal sesuai dengan kemampuan anak dengan batasan, pengawasan dan kendali pada tindakan anak. Namun ada juga yang bersifat otoritarian dimana orang tua bersikap tegas kepada anak. Upaya orang tua dalam menunjang prestasi anak, selalu menyempatkan waktu untuk mendampingi anak belajar, memotivasi anak untuk perkembagan belajar, menyedikan fasilitas belajar, membuat jadwal belajar, menjaga pola makan yang sehat. Simpulan pola pengasuhan keluarga tidaklah sama satu dengan yang lain hal ini dipengaruhi oleh latar belakang keluarga yang berbeda-beda. Orang tua menerapkan kedisiplinan, menjadi teladan bagi anak-anaknya, menjaga komunikasi, memberi kasih sayang, serta memberikan penghargaan, dan pengawasan terhadap anak.. Dalam menerapakan pola pengasuhan hendaknya orang tua dapat menerapkan pola pengasuhan yang humanis dan cenderung kearah otoritatif. Bagi sekolah dapat berkerja sama dengan orang tua agar prestasi anak di sekolah lebih optimal.

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

POLA PENGASUHAN ANAK PADA KELUARGA MILITER ( SUATU PENELITIAN DI ASMIL KOMPI PANSER 11.1 LHOKNGA, YONKAV 11/SERBU ACEH BESAR) (Emilianur, 2017)

POLA PENGASUHAN ANAK DI PANTI ASUHAN SOS CHILDREN’S VILLAGE DESA LAMREUNG KECAMATAN DARUL IMARAH KABUPATEN ACEH BESAR (LISA KISMA HAYATI, 2020)

IDENTIFIKASI LUKA PENGASUHAN PADA ORANG TUA (Ainul Mardhiah, 2020)

POLA PENGASUHAN ANAK DALAM KELUARGA YANG MENIKAH DINI DI DESA MATANG NEUHEUN KABUPATEN ACEH TIMUR (Rita Zahara, 2020)

HUBUNGAN POLA PENGASUHAN DENGAN ASPEK SOSIAL EMOSIONAL ANAK DALAM KELUARGA NELAYAN DI GAMPONG ALUE AMBANG KECAMATAN TEUNOM KABUPATEN ACEH JAYA (YUNI RATNA SARI, 2021)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy