//

DEIKSIS DALAM TEKS PIDATO GUBERNUR ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Arika Budi Romanti - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Pragmatik, Deiksis, Teks Pidato Penelitian ini berjudul “Deiksis dalam Teks Pidato Gubernur Aceh”. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimanakah deiksis dalam teks pidato Gubernur Aceh. Sumber data penelitian ini adalah teks pidato Gubernur Aceh. Data penelitian ini adalah 10 teks pidato gubernur periode bulan April─Desember 2015. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan adalah teknik dokumentasi. Data yang telah dianalisis diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok sesuai dengan jenis deiksis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa deiksis yang ditemukan dalam teks pidato gubernur Aceh adalah deiksis persona, deiksis tempat, dan deiksis waktu. Deiksis persona terdiri dari persona pertama, kedua, dan ketiga baik tunggal maupun jamak. Deiksis persona pertama tunggal saya ditemukan sebanyak 28 data, sedangkan persona pertama jamak kami ditemukan sebanyak 19 data dan bentuk kita sebanyak 76 data. Deiksis persona kedua tungal tidak ditemukan dalam teks pidato Gubernur Aceh, sedangkan persona kedua jamak kalian ditemukan sebanyak 1 data. Deiksis persona ketiga tunggal ia ditemukan sebanyak 2 data, sedangkan bentuk jamak mereka sebanyak 3 data. Deiksis tempat yang digunakan dalam teks pidato gubernur adalah di sini yang ditemukan sebanyak 1 data dan bentuk ini sebanyak 14 data. Deiksis waktu dalam teks pidato Gubernur Aceh adalah hari ini yang ditemukan sebanyak 10 data, saat ini 5 data, kini 1 data, beberapa pekan terakhir 1 data, setiap hari 1 data, dan esok hari sebanyak 1 data. Semua deiksis di atas dalam teks pidato Gubernur Aceh bersifat eksofora atau acuannya berada di luar teks.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS DEIKSIS DALAMTEKS PIDATO BUPATI ACEH TENGAH (RIZKA TEGUH KUARA, 2018)

ANANLISI KESANTUNAN BERBAHASA DALAM TEKS PIDATO GUBERNUR ACEH DAN PELAKSANA TUGAS GUBERNUR ACEH TAHUN 2018-2019 (RIA MARDI NINGSIH, 2020)

ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM TEKS PIDATO GUBERNUR ACEH PADA PELANTIKAN BUPATI/WALIKOTADAN WAKIL BUPATI/WAKIL WALIKOTA TAHUN 2017 (RENI, 2021)

KEMAMPUAN SISWA KELAS IX SMP NEGERI 3 TELUK DALAM, KABUPATEN SIMEULUE MENYIMPULKAN ISI TEKS PIDATO PERSUASIF (NURYA SINDI PURNAMA, 2020)

DEIKSIS DALAM ANTOLOGI CERPEN PEMBUNUH KETUJUH KARYA HERMAN RN (SRI RAIHANNY, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy