PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH DITINJAU DARI MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SMA NEGERI 1 WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH DITINJAU DARI MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SMA NEGERI 1 WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT


Pengarang

Taufik Hidayat - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200150039

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Taufik Hidayat, Judul: Pemanfaatan Media Pembeljaran Berbasis Internet sebagai Sumber Belajar pada Konsep Sistem Peredaran Darah Ditinjau dari Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla Kabupaten Aceh Barat.
Pembimbing I: Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., Pembimbing II: Dr. Khairil, M.Si.

ABSTRAK

Media pembelajaran berbasis internet merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa sebagai pengganti buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar antara siswa yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet sebagai sumber belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Woyla Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah 60 siswa, yakni siswa kelas XII IPA 1 sebanyak 30 siswa dan XII IPA 2 sebanyak 30 siswa. Sampel penelitian adalah keseluruhan dari populasi yakni 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data motivasi dan hasil belajar melalui angket dan soal tes hasil belajar pada saat pretest dan posttest, dan aktivitas belajar melalui lembaran observasi. Data N-Gain motivasi, hasil belajar dan hasil pengamatan aktivitas belajar dianalisis dengan uji independent sample t-tes dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian (1) motivasi belajar berbeda secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai P = 0,000 ? 0,05, (2) aktivitas belajar berbeda secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai P = 0,000 ? 0,05, (3) hasil belajar berbeda secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai P = 0,000 ? 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet sebagai sumber belajar dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah.

Kata Kunci : Media Pembelajaran Internet, Sistem Peredaran Darah, Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar


Taufik Hidayat, Judul: Pemanfaatan Media Pembeljaran Berbasis Internet sebagai Sumber Belajar pada Konsep Sistem Peredaran Darah Ditinjau dari Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla Kabupaten Aceh Barat.
Pembimbing I: Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., Pembimbing II: Dr. Khairil, M.Si.

ABSTRACT

The aim of this research was to find out the difference of Motivation. Activities, and learning result among students who used internet-based learning media as the source of study with the student who used conventional learning. This research used experiment method that was conducted in SMA N 1 Woyla School year of 2014/2015. The population of this research was 60 students, which were 30 students from XII IPA 1 Class and 30 students from XII IPA 2 class. The sample of this research was the entire population which was 30 students for experiment class and 30 students for control class. Data collection method of motivation and learning result was collected through pretest and posttest questionnaire, and motivation and learning activities through observation questionnaire. N-Gain data of motivation, learning result, and class activities observation result was analyzed by using independent sample t-test and Mann Whitney test. The result showed (1) learning motivation was significantly different among the student who used internet based – learning media with the student who were taught conventionally with P value of 0,000 < 0,05, (2) leaning activities was significantly different among the student who used internet-based learning media with the student who were taught conventionally with P value of 0,000 < 0,05. (3) learning result was significantly different among the student who used internet-based learning media with the student who were taught conventionally with P value of 0,000 < 0,05. The summary of result is there was a significant difference of Motivation, Activities, and learning result of student who used internet-based learning media with the student who used conventional learning method.

Key words: Internet Learning Media, Blood Circulation System, Motivation,
Activities, Learning Result.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK