//

PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH DITINJAU DARI MOTIVASI, AKTIVITAS, DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA SMA NEGERI 1 WOYLA KABUPATEN ACEH BARAT

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Taufik Hidayat - Personal Name

Abstrak/Catatan

Taufik Hidayat, Judul: Pemanfaatan Media Pembeljaran Berbasis Internet sebagai Sumber Belajar pada Konsep Sistem Peredaran Darah Ditinjau dari Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla Kabupaten Aceh Barat. Pembimbing I: Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., Pembimbing II: Dr. Khairil, M.Si. ABSTRAK Media pembelajaran berbasis internet merupakan salah satu sumber belajar yang dapat digunakan oleh siswa sebagai pengganti buku ajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar antara siswa yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet sebagai sumber belajar dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yang dilaksanakan pada SMA Negeri 1 Woyla Tahun Pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah 60 siswa, yakni siswa kelas XII IPA 1 sebanyak 30 siswa dan XII IPA 2 sebanyak 30 siswa. Sampel penelitian adalah keseluruhan dari populasi yakni 30 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol. Pengumpulan data motivasi dan hasil belajar melalui angket dan soal tes hasil belajar pada saat pretest dan posttest, dan aktivitas belajar melalui lembaran observasi. Data N-Gain motivasi, hasil belajar dan hasil pengamatan aktivitas belajar dianalisis dengan uji independent sample t-tes dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian (1) motivasi belajar berbeda secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai P = 0,000 ˂ 0,05, (2) aktivitas belajar berbeda secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai P = 0,000 ˂ 0,05, (3) hasil belajar berbeda secara signifikan antara siswa yang diajarkan dengan memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet dengan siswa yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai P = 0,000 ˂ 0,05. Hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat perbedaan secara signifikan motivasi, aktivitas, dan hasil belajar siswa yang memanfaatkan media pembelajaran berbasis internet sebagai sumber belajar dengan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah. Kata Kunci : Media Pembelajaran Internet, Sistem Peredaran Darah, Motivasi, Aktivitas, Hasil Belajar Taufik Hidayat, Judul: Pemanfaatan Media Pembeljaran Berbasis Internet sebagai Sumber Belajar pada Konsep Sistem Peredaran Darah Ditinjau dari Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada SMA Negeri 1 Woyla Kabupaten Aceh Barat. Pembimbing I: Dr. Hafnati Rahmatan, M.Si., Pembimbing II: Dr. Khairil, M.Si. ABSTRACT The aim of this research was to find out the difference of Motivation. Activities, and learning result among students who used internet-based learning media as the source of study with the student who used conventional learning. This research used experiment method that was conducted in SMA N 1 Woyla School year of 2014/2015. The population of this research was 60 students, which were 30 students from XII IPA 1 Class and 30 students from XII IPA 2 class. The sample of this research was the entire population which was 30 students for experiment class and 30 students for control class. Data collection method of motivation and learning result was collected through pretest and posttest questionnaire, and motivation and learning activities through observation questionnaire. N-Gain data of motivation, learning result, and class activities observation result was analyzed by using independent sample t-test and Mann Whitney test. The result showed (1) learning motivation was significantly different among the student who used internet based – learning media with the student who were taught conventionally with P value of 0,000 < 0,05, (2) leaning activities was significantly different among the student who used internet-based learning media with the student who were taught conventionally with P value of 0,000 < 0,05. (3) learning result was significantly different among the student who used internet-based learning media with the student who were taught conventionally with P value of 0,000 < 0,05. The summary of result is there was a significant difference of Motivation, Activities, and learning result of student who used internet-based learning media with the student who used conventional learning method. Key words: Internet Learning Media, Blood Circulation System, Motivation, Activities, Learning Result.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS PRAKTIKUM TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH SISWA RNPADA KONSEP SISTEM PEREDARAN DARAH RNDI SMA NEGERI 2 PEUSANGAN (ANWAR AR, 2014)

HUBUNGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA MELALUI PENDEKATAN KONSTEKTUAL DI SMP NEGERI 8 BANDA ACEH (LISDAWATI, 2014)

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DENGAN AKTIVITAS PEMBELAJARAN BIOLOGI BERBASIS LINGKUNGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL), DAN HASIL BELAJAR SISWAPADA SMA DI KABUPATENPIDIE- ACEH (CUT IRMADORA, 2019)

PENERAPAN MODEL AUDITORY INTELLECTUALLY REPETITION (AIR) BERBASIS MEDIA VIDEO TERHADAP AKTIVITAS SISWA, MOTIVASI, DAN HASIL BELAJAR PADA MATERI SISTEM EKSKRESI DI SMA NEGERI KABUPATEN BIREUEN. (SRI NOVAYANTI, 2018)

PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING (DL) DIPADU THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI SMA NEGERI 12 BANDA ACEH (Zulfa Fatma, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy