//

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM DAN KONSENTRASI BUNUH MINIMUM EKSTRAK DAUN KEMANGI ( OCIMUM SANCTUM L.) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS S

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Silvia Desmara - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Nama : Silvia Desmara Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi Fakultas : Kedokteran Gigi Judul : Konsentrasi Hambat Minimum dan Konsentrasi Bunuh Minimum Ekstrak Daun Kemangi (Ocimum sanctum L) terhadap Pertumbuhan Candida albicans Candidia albicans (C. albicans) merupakan spesies Candida tersering penyebab kandidiasis oral. Perawatan kandidiasis oral dapat diberikan baik secara topikal maupun sistemik namun beberapa obat ini dapat menyebabkan efek samping dan telah mengalami resistensi. Kemangi (Ocimum sanctum L.) merupakan tumbuhan dengan kualitas minyak esensial yang baik dan banyak mengandung eugenol, fenol, tanin dan terpenoid yang berperan aktif sebagai zat antifungal dan mampu menghambat pertumbuhan jamur yang telah resistensi terhadap obat anti jamur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh, Konsentrasi Hambat Minimum (KHM) dan Konsentrasi Bunuh Minimum (KBM) ekstrak daun Ocimum sanctum L. terhadap pertumbuhan C. albicans. Penelitian eksperimental laboratoris dengan desain postest only control group ini menggunakan ekstrak daun Ocimum sanctum L. yang dibuat dengan metode maserasi dalam pelarut n-heksana dan diklorometana, selanjutnya ekstrak 100% daun Ocimum sanctum L. diencerkan menggunakan etanol sehingga didapat konsentrasi 25%, 50%, dan 75%. Ekstrak daun Ocimum sanctum L. yang telah diuji fitokimia, diuji aktivitas antifungal menggunakan metode dilusi dengan Standart Plate Count (SPC) pada media SDA. Hasil analisis statistik dengan Kruskal-Wallis menunjukkan ekstrak daun Ocimum sanctum L. berpengaruh secara bermakna terhadap pertumbuhan C. albicans dengan nilai p=0,005 (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KONSENTRASI HAMBAT MINIMUM (KHM) DAN BUNUH MINIMUM (KBM) EKSTRAK SERAI (CYMBOPOGON CITRATUS) TERHADAP PERKEMBANGAN CANDIDA ALBICANS (NUR RAHMANIA, 2017)

PENGARUH EKSTRAK DAUN KEMANGI (OCIMUM BASILICUM) TERHADAP DAYA HAMBAT PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS MUTANS (Deny Haris, 2014)

UJI AKTIVITAS ANTIJAMUR MINYAK ATSIRI JAHE MERAH (ZINGIBER OFFICINALE ROSCOE VAR. RUBRUM) TERHADAP ISOLAT KLINIS CANDIDA ALBICANS DENGAN METODE DILUSI (Nadira Yasmin, 2016)

KONSENTRASI HAMBAT DAN BUNUH MINIMUM EKSTRAK BUAH JAMBLANG (SYZYGIUM CUMINI) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (Zulfa Rusiwan, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN SIRIH MERAH (PIPER CROCATUM) TERHADAP PERTUMBUHAN CANDIDA ALBICANS (aulia iski, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy