PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP, MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JAMUR DI SMA NEGERI 3 MEDAN


Pengarang

Salmaniah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1309200150012

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Salmaniah. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap
Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Peserta Didik pada
Materi Jamur di SMA Negeri 3 Medan. TESIS. Pembimbing I. Dr. Cut
Nurmaliah, M.Pd. Pembimbing II. Drs. Supriatno, M.Si, Ph.D.

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep,
motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik melalui penerapan model
pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran konvensional, dan
hubungan antara motivasi belajar serta aktivitas belajar terhadap pemahaman
konsep peserta didik melalui penerapan model pembelajaran discovery learning.
Metode penelitian ini adalah metode eksperimen (experimental research) dengan
desain penelitian Pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam
penelitian ini seluruh peserta didik kelas X Jurusan Matematika IPA SMA Negeri
3 Medan berjumlah 396 peserta didik yang berasal dari 11 kelas. Pengambilan
sampel dilakukan dengan teknik random sampling dimana jumlah peserta didik
pada kelas eksperimen dan kontrol masing-masing 36. Instrumen penelitian ini
menggunakan tes pemahaman konsep, angket motivasi belajar, dan lembar
observasi aktivitas belajar peserta didik. Analisis data menggunakan uji t dan uji
korelasi ganda pada taraf signifikan 0,05. Pemahaman konsep peserta didik
diperoleh t hitung = 2,18 dan t tabel = 1,990. Motivasi belajar diperoleh t hitung = 7,17dan t tabel = 1,990. Aktivitas belajar peserta didik diperoleh t hitung = 17,25 dan t tabel = 1,990 artinya ada perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar pada kedua kelas. Hubungan antara motivasi belajar dan aktivitas belajar
peserta didik terhadap pemahaman konsep diperoleh r = 0,56 yang berarti
memiliki hubungan yang cukup. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat
perbedaan pemahaman konsep, motivasi belajar, aktivitas belajar peserta didik
melalui penerapan model pembelajaran discovery learning dengan pembelajaran
konvensional, terdapat hubungan positif antara motivasi belajar serta aktivitas
belajar peserta didik terhadap pemahaman konsep melalui penerapan model
pembelajaran discovery learning. Sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman
konsep, motivasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik secara optimal, maka
diharapkan guru biologi dapat menerapkan model pembelajaran discovery
learning yang dapat melibatkan peserta didik secara aktif dalam proses
pembelajaran.

Kata kunci: Model Pembelajaran Discovery Learning, Pemahaman Konsep,
Motivasi Belajar, Aktivitas Belajar Peserta Didik, Materi Jamur

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK