//

APLIKASI SULAMAN BENANG EMAS ATAU KASAB PADA BUSANA PESTA WANITA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Riska Mulia - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Mulia, Riska. 2016. Aplikasi Sulaman Benang Emas Atau Kasab Pada Busana Pesta Wanita. Skripsi, Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Nurhayati, Sy., (2) Dra. Aya Sophiana. Kata Kunci : aplikasi sulaman benang emas atau kasab, busana pesta wanita Penelitian yang berjudul “Aplikasi Sulaman Benang Emas atau Kasab pada Busana Pesta Wanita” bertujuan untuk mengetahui teknik yang digunakan dalam pembuatan sulaman benang emas atau kasab pada busana pesta wanita, mendesain model dan motif pada busana pesta wanita yang diaplikasikan sulaman benang emas atau kasab serta mengaplikasikan sulaman benang emas atau kasab pada busana pesta wanita. Metode yang digunakan adalah eksperimen terapan yaitu percobaan yang dilakukan dengan sistematis yang bertujuan untuk memodifikasi busana pesta wanita. Objeknya adalah sulaman benang emas atau kasab yang akan diaplikasikan pada busana pesta wanita dengan menggunakan teknik dokumentasi, teknik kepustakaan dan teknik eksperimen terapan sebagai teknik pengumpulan data. Teknik sulaman benang emas atau kasab ada dua yaitu: teknik jahit datar dan teknik jahit membungkus bahan pengisi. Alat dan bahan yang umum digunakan dalam eksperimen ini berupa alat bahan untuk mendesain, pemidangan, benang emas, kain dan lain-lain. Teknik pengerjaannya menggunakan cara dan alat yang tradisional. Langkah-langkah yang dilakukan secara sistematis dan terarah sesuai dengan teknik yang digunakan. Secara keseluruhan hasil eksperimen yang diperoleh sangat menarik, namun pada teknik jahit datar terdapat kesulitan karena pengaruh kain atau bahan utama yang melar dan licin, sedangkan dengan teknik jahit membungkus bahan pengisi sudah baik. Hasil penelitian ini menunjukan sulaman benang emas atau kasab yang dikerjakan pada pelaminan dan alat dekorasi adat Aceh ternyata jika dikerjakan pada busana pesta wanita menjadi lebih menarik dan mampu menjaga kelestarian budaya Aceh.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI SULAMAN BENANG EMAS PADA HIASAN DINDING (Nurmahya, 2021)

PERKEMBANGAN MOTIF KERAJINAN SULAM BENANG EMAS DI DESA KUTA KUMBANG KECAMATAN SEUNAGAN KABUPATEN NAGAN RAYA (HASMANIDAR, 2015)

APLIKASI SMOCK PADA BUSANA PESTA REMAJA (TIA ASURA, 2018)

APLIKASI TEKNIK SMOCK PADA PEMBUATAN TAS PESTA (Siti Mawarni, 2020)

PEREMPUAN DAN EKONOMI INFORMAL (STUDI PADA PEREMPUAN PENYULAM KASAB DI GAMPONG PADANG KECAMATAN MANGGENG KABUPATEN ACEH BARAT DAYA) (RINI AFRIDA, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy