DINAMIKA USAHA PENGRAJIN JEUèE (TAMPI) DI GAMPONG BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE TAHUN 1942-2016 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

DINAMIKA USAHA PENGRAJIN JEUèE (TAMPI) DI GAMPONG BARIEH KECAMATAN MUTIARA TIMUR KABUPATEN PIDIE TAHUN 1942-2016


Pengarang

Dinda Zuraida - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206101020033

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Sejarah (S1) / PDDIKTI : 87201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Penelitian ini mengangkat masalah tentang bagaimana perkembangan usaha pengrajin Jeuèe di Gampong Barieh dan apa factor yang mempengaruhi usaha Jeuèe di Gampong tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan perkembangan usaha Jeuèe dan menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi usaha tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yakni dengan caraobservasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini dipilih melalui teknik purposive sampling. Metode yang digunakan adalah metode sejarah dan pendekatan kualitatif. Hasil analisis data menunjukkan bahwa usaha pengrajin di Gampong Barieh sudah berkembang sejak tahun 1942 dan mengalami perkembangan pesat, yang mana pola produksinya juga memiliki perubahan dari masa ke masa. Di samping itu, ada dua factor utama yang mempengaruhi usaha perkembangan pengrajin Jeuèe di Gampong Barieh, yakni keadaan pengrajin tampi dan tempat tinggal usaha pengrajin, serta ketersediaan bahan baku yang akan dibuat menjadi Jeuèe.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK