HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTSN KUTA BARO | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII MTSN KUTA BARO


Pengarang

Lailatul Qadrina - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103020069

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Kata Kunci : Model pembelajaran kooperatif tipe STAD, ketuntasan belajar, hasil belajar, materi segi empat
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat siswa dalam mempelajari matematika, terutama pada materi segi empat menunjukkan bahwa hasil belajar yang memprihatinkan dalam pembelajaran dan ini membuat dampak yang tidak baik terhadap ketuntasan hasil belajar siswa.Terkait dengan hal tersebut, maka dibutuhkan suatu model pembelajaran yang dapat mencapai ketuntasan hasil belajar diantaranya adalah model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) Untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar siswa setelah diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada materi Segi Empat di kelas VII MTsN Kuta Baro, 2) Untuk melihat kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, 3) untuk melihat aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain one shot case study. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN Kuta Baro, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-2 MTsN Kuta Baro sebanyak 22 orang.Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar yang dilaksanakan setelah pembelajaran materi segi empat berakhir, pengamatan kemampuan mengajar guru dan aktivitas siswa dengan model kooperatif tipe STAD. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan uji-t pada taraf signifikan (? )= 0,05. Hasil penelitian di dapat nilai thitung>ttabel atau 4,09>1,72 maka H_o ditolak. Hal ini berarti bahwa “melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD hasil belajar siswa dapat mencapai ketuntasan pada materi segi empat di kelas VII-2 MTsN Kuta Baro”. Observasi kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai kategori baik. Dan aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan model kooperatif tipe STAD sudah efektif.



Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK