//

ANALISIS DAN UPAYA MEREDUKSI MISKONSEPSI SISWA MELALUI PENGEMBANGAN MODUL DAN MEDIA ANIMASI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Cut Ratna Dewi - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya miskonsepsi siswa pada pelajaran biologi materi sistem peredaran darah, sub-konsep yang paling banyak terdapat miskonsepsi pada siswa, serta perbedaan pengurangan miskonsepsi siswa dan peningkatan hasil belajar siswa antara pembelajaran dengan menggunakan modul dan animasi dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 5 Kota Banda Aceh mulai bulan Nopember 2015 hingga Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA di SMAN 5 Kota Banda Aceh yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA3 dan XI MIA4 yang berjumlah 49 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode True Experiment dengan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa berupa tes diagnostik berbentuk Three Tier Test yang dilengkapi dengan metode Certainty of Response Index (CRI). Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ttabel = 2,02 dan thitung = 4,135 (sig. 0,000 < 0,05). Siswa mengalami miskonsepsi pada keseluruhan konsep pada materi sistem peredaran darah. Sub konsep yang paling banyak menimbulkan miskonsepsi pada siswa adalah golongan darah (54,17%), dan yang paling sedikit adalah sub-konsep mekanisme pembekuan darah (37,50%). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengurangan miskonsepsi dan peningkatan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan modul dan animasi dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. Kata Kunci: Miskonsepsi siswa, Modul, Media Animasi, Sistem Peredaran Darah

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGEMBANGAN BULETIN PEMBELAJARAN BIOLOGI SEBAGAI SUMBER BELAJAR PADA POKOK BAHASAN SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 1 SIGLI (MIFTAHUL JANNAH, 2017)

IDENTIFIKASI MISKONSEPSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA DI SMA (Rahmi, 2016)

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SOCRATIC CIRCLES DENGAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA N 7 BANDA ACEH (Irta Indah Puja Lestari, 2018)

PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI SISTEM PEREDARAN DARAH TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP (SYUKRIAH, 2014)

PENGEMBANGAN MEDIA ANIMASI POWERPOINT UNTUK PEMBELAJARAN KONSEP ASAM BASA (MUSLIMATUL WALIDAH, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy