//

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Fitri - Personal Name
SubjectTEACHING METHODS
MOTIVATION - EDUCATIONAL PSYCHOLOGY
STUDENTS
Bahasa Indonesia
Fakultas Program Studi Magister Pendidikan Matematika
Tahun Terbit 2016

Abstrak/Catatan

ABSTRAK NurulFitri. MeningkatkanKemampuanRepresentasiMatematisdanMotivasiSiswaSekolahMenengahAtasmelaluiPenerapan Model Problem Based Learning. Kemampuan representasi merupakan salah satu komponen penting dan fundamental untuk mengembangkan kemampuan berpikir siswa, karenakemampuaninilah yang berperan membantu siswa untuk mengubah ide yang abstrak menjadi ide yang nyata. Kemampuan representasi memiliki peranan yang penting dalam pembelajaran matematika karena dapat melatih siswa untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah dengan berbagai bentuk antara lain gambar, diagram, ekspresi matematika, maupun kata-kata atau teks tertulis. Selainkemampuanrepresentasi, motivasibelajar juga menjadi hal yang berpengaruh dalam keberhasilan belajar siswa.Motivasi dalam belajar dapat mempengaruhi seseorang untuk belajar secara sungguh-sungguh untuk mencapai prestasi.Salah satu model pembelajaran yang meningkatkan kemampuanrepresentasi matematis danmotivasi belajar adalah model pembelajaran problem based learning.Penelitian ini bertujuan untuk:1) mengetahui peningkatan kemampuan representasi siswa melalui model problem based learning 2) mengetahuipeningkatan motivasi siswa yang diajarkan dengan model problem based learning 3) mengetahuiinteraksiantaramodel pembelajaran dan pengelompokan siswa terhadap peningkatan kemampuan representasimatematis.Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pretest-postes group design.Populasi dalampenelitianiniadalah seluruh siswakelas XSMA NegeriUnggulPidie Jaya dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas X3 sebagaikelaseksperimendankelas X2 sebagaikelaskontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik test dan nontest.Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan uji t danujiANAVA pada taraf signifikansi 0,05 setelah prasyarat pengujian terpenuhi.Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: 1) peningkatankemampuanrepresentasimatematissiswa yang diterapkan model pembelajaranproblem based learning lebihbaikdaripeningkatankemampuanrepresentasimatematissiswa yang memperoleh pembelajaran secara konvensional. 2) peningkatanmotivasibelajarsiswa yang diterapkan model pembelajaranproblem based learninglebihbaikdaripeningkatanmotivasibelajarsiswa yang memperolehpembelajaransecarakonvensional. 3)tidakterdapat interaksi antara model pembelajaran dan pengelompokan siswa terhadap peningkatan kemampuan representasimatematis. Kata Kunci: Kemampuan Representasi Matematis, Motivasi Belajar, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMP MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) (Yuni Herdiana, 2018)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI LINGKARAN DENGAN KONTEKS KEPRAMUKAAN DI SMPN 8 BANDA ACEH (SUAIBATUL ASLAMIAH, 2019)

MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN MOTIVASI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS MELALUI PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (Nurul Fitri, 2016)

KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING DI MTSN 4 BANDA ACEH (NURUL FITRI, 2019)

PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS XI MAN BLANGPIDIE (Samsulimi, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy