//

PEMETAAN SALINITAS PADA SUMUR DI KECAMATAN PEUKAN BADA DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Furqan - Personal Name

Abstrak/Catatan

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok kehidupan bagi makhluk hidup yang ada di bumi. Air yang digunakan untuk kebutuhan hidup sehari-hari khususnya untuk penyediaan air minum dan air bersih harus memenuhi persyaratan. Kebutuhan air bersih sangat berpengaruh pada kehidupan sekarang di mana kualitas pada air bersih jadi pertimbangan. Maka dari itu bagaimana mengetahui tingkat kadar salinitas pada sumur di Kecamatan Peukan Bada. Luasnya Kecamatan Peukan Bada tidak memungkinkan mengambil data satu persatu di seluruh lokasi. Oleh karena itu untuk memperoleh data salinitas air di seluruh wilayah dapat dilakukan menggunakan interpolasi. Interpolasi merupakan suatu metode atau fungsi matematika untuk menduga nilai pada lokasi-lokasi yang datanya tidak tersedia. Metode yang digunakan adalah metode Interpolasi Inverse Distance Weighted (IDW) dan Kriging. Pendekatan yang berbeda dalam interpolasi dapat menghasilkan hasil data yang berbeda. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis sebaran salinitas pada sumur di Kecamatan Peukan Bada. Perbandingan dilakukan dengan menghitung nilai RSME dari hasil interpolasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa metode interpolasi IDW lebih akurat dalam estimasi nilai yang dekat dengan sampel yang tersedia dibandingkan dengan Kriging. Kata Kunci: Kualitas Air, Kadar Salinitas, Interpolasi, Inverse Distance Weighted (IDW), Kriging

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK PEMETAAN SEKOLAH LANJUTAN DI WILAYAH KOTA LANGSA (Sigit Purwanto, 2020)

APLIKASI SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS UNTUK MEMETAKAN SEKOLAH SLTP, SLTA DAN PERGURUAN TINGGI DIKOTASUBULUSSALAM (Kamidin D, 2020)

PERANCANGAN JALUR EVAKUASI BENCANA TSUNAMI MENGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS (STUDI KASUS KECAMATAN PEUKAN BADA) ACEH BESAR (Rukkaan Sujjada, 2018)

ANALISIS SALINITAS AIR SUMUR DI DUSUN TEUBAREH, GAMPONG TEUBANG PHUI MESJID, MONTASIK, ACEH BESAR (MUSFIKA, 2015)

PENGELOLAAN KAWASAN KONSERVASI INDRA PURWA TERHADAP HASIL TANGKAPAN NELAYAN DI KECAMATAN PEUKAN BADA KABUPATEN ACEH BESAR (Nurismi, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy