ANALISIS KADAR BESI PADA PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH-LEUNGAH DENGAN TEKNIK SPEKTROFOTOMETRI DAN GRAVIMETRI | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

ANALISIS KADAR BESI PADA PASIR BESI ASAL DESA LAMPANAH-LEUNGAH DENGAN TEKNIK SPEKTROFOTOMETRI DAN GRAVIMETRI


Pengarang

Uswatun Hasanah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103040022

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Kimia (S1) / PDDIKTI : 84204

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Telah dilakukan penelitian tentang analisis kadar besi pada pasir besi asal Desa Lampanah-Leungah dengan teknik spektrofotometri dan gravimetri. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan kadar besi pada pasir besi asal Desa Lampanah-Leungah. Sampel pasir besi diambil dari Desa Lampanah-Leungah dengan cara quartering. Destruksi sampel dilakukan dengan asam klorida pekat dan panas dengan perbandingan w/v 1:6 (solid:liquid). Larutan hasil destruksi dianalisis secara spektrofotometri dan gravimetri. Larutan standar besi(III) dan sampel dianalisis pada waktu optimum 40-55 menit setelah pereaksian dengan KSCN, pH 1 dan panjang gelombang 480 nm secara spektrofotometri. Secara gravimetri, sampel diendapkan menggunakan NH4OH dan dipijar pada suhu 800°C selama 1 jam. Hasil penelitian menunjukkan kadar besi yang cukup besar dalam pasir besi yaitu sebesar 39,5800% secara spektrofotometri dengan keakuratan 99,2557% dan 34,8200% secara gravimetri dengan keakuratan 98,8193% dalam tiap gram pasir besi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka penulis menyarankan perlu dilakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut mengenai ekstraksi mineral-mineral magnetik alamiah dari pasir besi asal desa Lampanah-Leungah berbasis nanopartikel untuk meningkatkan nilai ekonomis pasir besi.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK