//

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK N-HEKSANA, ETIL ASETAT DAN METANOL BUNGA CEMPAKA PUTIH (MAGNOLIA ALBA) TERHADAP STAPHYLOCOCCUS EPIDERMIDIS DAN STAPHYLOCOCCUS AUREUS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Soraya Septiya - Personal Name

Abstrak/Catatan

Uji aktivitas antibakteri ektrak n-heksana, etil asetat, dan metanol bunga cempaka putih (Magnolia alba) terhadap Staphylococcus epidermidis dan Staphylococcus aureus telah dilakukan untuk mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak bunga cempaka putih dalam menghambat pertumbuhan kedua bakteri tersebut. Hasil skrining fitokimia menunjukkan bahwa ekstrak n-heksana bunga cempaka putih mengandung senyawa flavonoid, terpenoid dan steroid. Sedangkan ekstrak etil asetat dan metanol bunga cempaka putih mengandung senyawa flavonoid, terpenoid, steroid, alkaloid, saponin, dan tanin. Uji aktivitas antibakteri terhadap ekstrak bunga cempaka putih menggunakan metode difusi Kirby-Bauer dengan variasi konsentrasi ekstrak yaitu 5, 10, 20, dan 50%. Hasil uji aktivitas antibakteri menunjukkan bahwa ekstrak n-heksana bunga cempaka putih tidak memiliki aktivitas antibakteri baik terhadap S. epidermidis maupun S. aureus. Sementara, ekstrak etil asetat bunga cempaka putih pada konsentrasi 5; 10; 20; dan 50% memiliki aktivitas antibakteri dengan diameter zona hambat berturut-turut adalah 10,45; 11,93; 15,03; dan 21,03 mm terhadap S. epidermidis dan 10,26; 14,26; 18,78; dan 26,13 mm terhadap S. aureus. Sedangkan, ekstrak metanol bunga cempaka putih pada konsentrasi 5; 10; 20; dan 50% memiliki aktivitas antibakteri dengan diameter zona hambat berturut-turut adalah 11,96; 14,11; 16,13 dan 18,01 mm terhadap S. epidermidis dan 7,23; 8,45; 10,46; dan 13,9 mm terhadap S. aureus. Secara keseluruhan, berdasarkan diameter zona hambat yang terbentuk, ekstrak etil asetet bunga cempaka putih memiliki aktivitas antibakteri yang paling baik dibandingkan dengan ekstrak metanol maupun n-heksana.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

UJI DAYA HAMBAT SEDIAAN GEL EKSTRAK ETIL ASETAT BAWANG PUTIH (ALLIUM SATIVUM LINN) TERHADAP BAKTERI STAPHYLOCOCCUS EPIDERMIDIS (Julia Astuty, 2016)

ISOLASI DAN UJI AKTIVITAS ANTIOKSIDAN DARI EKSTRAK BUNGA CEMPAKA PUTIH (MICHELIA ALBA D.C.) (Irma Suryani, 2018)

UJI AKTIVITAS EKSTRAK N-HEKSANA, ETIL ASETAT, DAN METANOL DAUN SEMBUNG (BLUMEA BALSAMIFERA (L.) DC.) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MRSA) (Alfi Amalia, 2017)

UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK N-HEKSANA, ETIL ASETAT, DAN METANOL DAUN PERIA LAUT (COLUBRINA ASIATICA (L.) BRONGN) TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI METHICILLIN RESISTANT STAPHYLOCOCCUS AUREUS (MRSA) (AYANATUN HUSNA, 2017)

AKTIVITAS ANTIMIKROBIAL SENYAWA METABOLIT SEKUNDER EKSTRAK N-HEKSANA BUNGA KAMBOJA PUTIH (PLUMERIA ALBA) (Issura, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy