//

PENGARUH KADAR INTERLEUKIN-6 TERHADAP DERAJAT DEPRESI AKIBAT PENYAKIT GINJAL KRONIK PADA PASIEN USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang dr. Said Aandy Saida - Personal Name

Abstrak/Catatan

PENGARUH KADAR INTERLEUKIN - 6 TERHADAP DERAJAT DEPRESI AKIBAT PENYAKIT GINJAL KRONIK PADA PASIEN USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS Latar Belakang Prevalensi penyakit ginjal kronik meningkat seiring dengan jumlah usia. Depresi pada usia lanjut berhubungan dengan prognosis baik terhadap morbiditas dan mortalitas pada PGK yang dihubungkan dengan aktivasi sistem imun terhadap tingginya kadar sitokin proinflamasi dan protein fase akut. Kondisi tersebut menggambarkan pasien PGK mengalami perubahan hidup secara fisik, kognitif, psikologis dan sosial. Tujuan Untuk mengetahui kadar IL-6 dan pengaruhnya terhadap derajat depresi akibat penyakit ginjal kronik pada pasien usia lanjut yang menjalani hemodialisis. Metode Penelitian ini merupakan penelitian analitik dengan pendekatan cross sectional pada 36 subjek penelitian yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi dengan teknik penelitian total sampling. Metode pengumpulan data dengan pemeriksaan kadar interleukin-6 dan lembaran kuisoner Beck Depression Inven¬tory-II (BDI-II). Data dianalisis dengan mengunakan uji ordinal logistic regression. Hasil Kadar rata-rata IL-6 secara keseluruhan pada 36 subjek penelitian adalah sebesar 9,257 (SD 5,111). Nilai minimal kadar IL-6 responden adalah sebesar 2,13 dan nilai maksimalnya adalah sebesar 17,84, persentase depresi minimal sekitar 69,44%, depresi ringan 8,33%, depresi sedang 16,67% dan depresi berat 5,56%. Variable kadar IL-6 berpengaruh positif (p

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH KADAR INTERLEUKIN-6 TERHADAP DERAJAT DEPRESI AKIBAT PENYAKIT GINJAL KRONIK PADA PASIEN USIA LANJUT YANG MENJALANI HEMODIALISIS (dr. Said Aandy Saida, 2016)

HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK YANG MENJALANI HEMODIALISIS DENGAN MEKANISME KOPING DI DR.ZAINOEL ABIDIN BANDA ACEH (BEBBY BALQIS, 2017)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN TINGKAT DEPRESI PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUZA BANDA ACEH (Riqqah Nadhira, 2014)

HUBUNGAN LAMA HEMODIALISIS DENGAN SKOR MINI-MENTAL STATE EXAMINATION (MMSE) PADA PASIEN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSUDZA BANDA ACEH (Cut Nadhira Mazaya, 2016)

GAMBARAN SEROSTOMIA PADA PENDERITA GAGAL GINJAL KRONIK YANG MENJALANI TERAPI HEMODIALISIS DI RSUDZA BANDA ACEH (Nadya Syahana, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy