//

HUBUNGAN DUKACITA DAN RESILIENSI PADA REMAJA YANG MENGALAMI KEMATIAN ORANG TUA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurul Rahmi - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kematian orang tua merupakan pengalaman paling berat yang dialami oleh semua orang termasuk remaja. Remaja yang mengalami kematian orang tua akan mengalami dukacita dengan tingkat yang berbeda-beda. Tinggi rendahnya tingkat dukacita yang dialami oleh remaja akan menentukan mudah atau sulitnya remaja untuk resiliensi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan dukacita dan resiliensi pada remaja yang mengalami kematian orang tua. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan subjek berjumlah 78 remaja berusia 12-18 tahun yang mengalami kematian orang tua. Data dikumpulkan melalui adaptasi Grief and Meaning Reconstruction Inventory (GMRI) dan Child and Youth Resilience Measure (CYRM). Analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment menunjukkan koefisien korelasi r = 0,637, p = 0,000 (p < 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan dukacita dan resiliensi pada remaja yang mengalami kematian orang tua.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

DINAMIKA DUKACITA PADA DUDA (Nabela Fatia, 2016)

PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP RESILIENSI REMAJA DI SMA BANDA ACEH (Fadhil Muhammad, 2017)

GAMBARAN RESILIENSI PADA REMAJA PASKA BENCANA GEMPA BUMI DI PESANTREN SAMALANGA (Khalid Aqmal, 2019)

RESILIENSI PADA REMAJA LAKI-LAKI KORBAN KONFLIKDI LEMBAGA PENDIDIKAN ISLAMMARKAZ AL ISHLAH AL-AZIZIYAH, LUENG BATA (Sammy Khalifa, 2014)

PERBEDAAN RESILIENSI PADA PENYINTAS BENCANA GEMPA BUMI DI PIDIE JAYA DITINJAU DARI JENIS KELAMIN DAN USIA (Ferry Ramadhan, 2018)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy