//

PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Yen Yen Hermita Sidauruk - Personal Name

Abstrak/Catatan

Kata Kunci: Kompetensi Guru, Prestasi Belajar Penelitian ini berjudul ‘’Profesionalisme Guru dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri di Banda Aceh’’. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri di Banda Aceh dan bertujuan untuk mengetahui profesionalisme guru dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran IPS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang mengajar pelajaran IPS di SMP Negeri di Banda Aceh dan yang menjadi sampel adalah 30 orang guru yang mengajar di lima SMP Negeri di Banda Aceh. Pengambilan dilakukan secara purposive sampling. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dan penelitian lapangan (field research) dengan cara menyebarkan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana (parsial) dengan pengujian uji-t pada taraf signifikan 0,05 dan regresi linear berganda (simultan) dengan pengujian uji-f pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis regresi linear sederhana X1, ditunjukan dengan persamaan Y = 69,770+0,111pedagogik dengan nilai siginifikan t adalah 0, 552. Karena Sig t > α (0, 552 > 0,05) maka disimpulkan bahwa H0 diterima. Hasil dari analisis regresi linear sederhana X2, Y = 65,492+0, 259profesional dengan nilai siginifikan t adalah 0,290. Karena Sig t > α (0,290 > 0,05) maka H0 diterima. Hasil dari analisis regresi linear sederhana X3, Y = 73,797+0,379sosial dengan nilai signifikan t adalah 0,180 Karena Sig t > α (0,180 > 0,05) maka H0 diterima. Hasil dari analisis regresi linear sederhana X4, Y = 33,243+2,606kepribadian dengan nilai signifikan t adalah 0,104 Karena Sig t > α (0,104 > 0,05) maka H0 diterima. Untuk analisis linear berganda diperoleh hasil Y =23,863 + 0,013pedagogik + 0,127Profesional + 0,211sosial + 2,232kepribadian dengan nilai signifikan 0,439 dan karena Sig > α (0,439> 0,05) maka H0 diterima. Simpulan dari penelitian ini bahwa analisis variabel kompetensi kepribadian, sosial, pedagogik, dan profesionalitas guru baik secara parsial maupun simultan tidak berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa maka H0 diterima atau Ha ditolak.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PROFESIONALISME GURU DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DI SMP NEGERI DI BANDA ACEH (Yen Yen Hermita Sidauruk, 2016)

UPAYA GURU UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PKN DI SMA NEGERI MEULABOH (Cut Kemala, 2014)

PENGARUH MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VI RNDI SD NEGERI 5 BANDA ACEH (YANA SAFNITA SARI, 2014)

KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA KELAS IV DI SD NEGERI 12 BANDA ACEH (cut nurul fakhinah, 2013)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 BUKIT DAN SMA NEGERI 2 BUKIT BENER MERIAH (supianiko, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy