//

HUBUNGAN ANTARA DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES PADA IBU YANG MEMILIKI ANAK AUTIS DI BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Nurmalawati - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pengasuhan ibu terhadap anak autis tidak terlepas dari adanya hambatan dan tantangan. Hambatan dan tantangan yang berlebihan dapat memicu timbulnya stres, dimana stres yang dialami oleh individu memiliki tingkatan atau skala tertentu. Salah satu faktor yang memengaruhi tingkat stres pada individu adalah dukungan sosial. Adapun tujuan penelitian adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan tingkat stres pada ibu yang memiliki anak autis di Banda Aceh. Sampel penelitian adalah ibu yang pertama kali memiliki anak autis dan sudah didiagnosa mengalami autis selama kurang lebih 1 tahun, yang dipilih dengan menggunakan teknik quota sampling. Pengumpulan data dengan menggunakan Skala Dukungan Sosial yang disusun berdasarkan teori Sarafino dan Smith dan Skala Tingkat Stres adaptasi dari DASS 42 yang disusun oleh Lovibond dan Lovibond diterjemahkan oleh Damanik. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) = -0,790 dengan nilai signifikan (p) = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan negatif antara dukungan sosial dengan tingkat stres pada ibu yang memiliki anak autis di Banda Aceh. Artinya, semakin tinggi dukungan sosial maka semakin rendah tingkat stres ataupun sebaliknya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat dukungan sosial pada ibu yang memiliki anak autis di Banda Aceh berada pada kategorisasi tinggi, yaitu sebanyak 97,5% dan tingkat stres berada pada kategorisasi normal, yaitu sebanyak 85%. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Tingkat Stres, Ibu yang Memiliki Anak Autis

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DENGAN SIKAP IBU TERHADAP ANAK AUTIS DI YAYASAN RAHMATA (TAMAN OBSERVASI DAN TERAPI WICARA) BANDA ACEH TAHUN 2012 (KHAIRUNNISAK, 2014)

HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN TINGKAT STRES MAHASISWA FAKULTAS KEPERAWATAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA DALAM MENGERJAKAN SKRIPSI (AULIA RAHMI, 2020)

PERAN KELUARGA TERHADAP ANAK AUTIS DALAM KEHIDUPAN SOSIAL DI KECAMATAN MONTASIK (ZULFADHLY, 2016)

EVEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK AUTIS DI BIRO PSIKOLOGI PSIKODINAMIKA BANDA ACEH (Wahyuni, 2020)

PENGASUHAN IBU DALAM MEMBINA KEMANDIRIAN ANAK AUTIS (STUDI KASUS PADA PUSAT LAYANAN AUTIS ACEH) (NK. PRIMA MAULIDA, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy