//

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM ACARA MATA NAJWA DI METRO TV

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Kartika Millia A - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Kata Kunci : Gaya Bahasa, Mata Najwa Penelitian ini berjudul “Analisis Gaya Bahasa dalam Acara Mata Najwa di Metro TV”. Masalah penelitian ini adalah (1) gaya bahasa apakah yang digunakan Najwa Shihab dalam Acara Mata Najwa di Metro TV?, (2) gaya bahasa apakah yang digunakan narasumber dalam acara Mata Najwa di Metro TV. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan Najwa Shihab dalam Acara Mata Najwa di Metro TV, (2) untuk mengetahui gaya bahasa yang digunakan narasumber dalam acara Mata Najwa di Metro TV. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan (1) teknik rekam, (2) teknik simak, (3) teknik catat. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Data yang diperoleh diidentifikasi, diklasifikasikan, dianalisis dan disimpulkan dalam bentuk deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam acara Mata Najwa dengan tiga topik Kalla Jadi JK, Belajar dari Guru Bangsa Tjokroaminoto, Telisik Temperatur Politik terdapat empat jenis gaya bahasa, (1) gaya bahasa yang digunakan Najwa Shihab dalam acara Mata Najwa di Metro TV yaitu, (a) gaya bahasa perbandingan, simile atau perumpamaan, metafora, depersonifikasi, pleonasme, antisipasi, koreksi. (b) Gaya bahasa pertentangan, yaitu hiperbola, litotes, zeugma, paradoks, klimaks, apofasis dan anastrof. (c) Gaya bahasa pertautan yaitu, sinekdok, eponim, epitet, antonomasia, erotesis, elipsis dan asindeton. (d) Gaya bahasa perulangan yaitu, aliterasi, asonansi, kiasmus, epizeukis, tautotes, anafora, epistrofa, mesodiplosis. (2) gaya bahasa yang digunakan narasumber dalam acara Mata Najwa di Metro TV yaitu, (a) gaya bahasa perbandingan, simile atau perumpamaan, metafora, depersonifikasi, pleonasme, antisipasi, (b) gaya bahasa pertentangan yaitu, anastrof, (c) gaya bahasa pertautan yaitu, sinekdok, (d) gaya bahasa perulangan yaitu, asonansi dan tautotes.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

MOTIVASI MENONTON TAYANGAN MATA NAJWA DI METRO TV (STUDI KORELASIONAL TENTANG MOTIVASI MENONTON MATA NAJWA DI METRO TV TERHADAP WAWASAN MAHASISWA ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Rahmat, 2015)

PREFERENSI MAHASISWA MENONTON ACARA TALK SHOW(STUDI KOMPARASI PADA TALK SHOW INDONESIA LAWYERS CLUB DAN MATA NAJWA) (SYARIFAH ARNIZA RACHELLA, 2015)

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM PERIBAHASA GAYO (Reduk Mawati, 2017)

ANALISIS GAYA BAHASA DALAM MELENGKANPADA ADAT PERKAWINAN MASYARAKAT GAYO ACEH TENGAH (Anggun Hayati Rahman , 2016)

ANALISIS GAYA BAHASA PENEGASAN DALAM BERITA SURAT KABAR PROHABA (Vera Agusriyanda, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy