//

EVALUASI DAYA CERNA PAKAN RUMINANSIA BERDASARKAN PERBEDAAN PROPORSI ANTARA HIJAUAN DAN KONSENTRAT PADA SAPI ACEH JANTAN

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Syah Mohd Hadiid Thaariq - Personal Name
SubjectCATTLE
ANIMAL PHYSIOLOGY
ANIMAL FEEDS
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Pertanian
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

EVALUASI DAYA CERNA PAKAN RUMINANSIA BERDASARKAN PERBEDAAN PROPORSI ANTARA HIJAUAN DAN KONSENTRAT PADA SAPI ACEH JANTAN OLEH SYAH MOHD HADIID THAARIQ ABSTRAK Penelitian tentang evaluasi daya cerna pakan ruminansia berdasarkan perbedaan proporsi antara hijauan dan konsentrat pada sapi aceh jantan telah dilakukan di BPTU (Balai Pembibitan Ternak Unggul) Kec Indrapuri Kab Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan selama 40 hari yang dimulai dari tanggal 28 November 2012 sampai dengan 9 Januari 2013. Tujuan penelitian untuk mengetahui daya cerna pakan ruminansia berdasarkan perbedaan proporsi antara hijauan dan konsentrat pada sapi aceh jantan. Materi penelitian yang digunakan adalah 12 ekor sapi aceh jantan dengan kisaran umur 2 - 2,5 tahun dengan berat badan 100 – 170 kg. Perlakuan yang diberikan adalah empat tingkat perbedaan proporsi pakan antara hijauan dan konsentrat yaitu perlakuan A (100%) sebagai kontrol, B (80% : 20%), C (60% : 40%), dan D (40% : 60%). Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) 4 perlakuan 3 kelompok. Parameter yang diukur adalah koefisien cerna bahan kering, protein kasar, lemak kasar, serat kasar. Data yang diperoleh diolah menggunakan analisa sidik ragam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata (P0,05) antar perlakuan (hijauan : konsentrat). Kata kunci : daya cerna, proporsi, hijauan, konsentrat dan sapi aceh

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PENGARUH PEMBERIAN PAKAN HIJAUAN DAN KONSENTRAT TERHADAP KINERJA PERTUMBUHAN BOBOT BADAN DAN BEBERAPA UKURAN TUBUH SAPI ACEH JANTAN DI BPTU INDRAPURI (Irwan Fauziman, 2013)

ANALISIS KONSUMSI DAN KOEFISIEN CERNA PROTEIN KASAR DAN SERAT KASAR SAPI ACEH JANTAN DENGAN IMBANGAN PEMBERIAN KONSENTRAT DAN HIJAUAN DI BPTU – HPT INDRAPURI (Farhan Muda, 2019)

ANALISIS INCOME OVER FEED COST PENGGEMUKAN SAPI ACEH JANTAN DENGAN LEVEL PEMBERIAN PAKAN KONSENTRAT KOMERSIAL ( BIG GENY ) DI BPTU-HPT INDRAPURI (Agus Safiatullah, 2019)

TEKNIK PENGGEMUKAN SDAPI WAGYU DENGAN CARA DRY LOT FATTENING DI PT. AUSTASIA STOCKFEED JABUNG, LAMPUNG, TIMUR (HAFIDHAL HIDAYAH, 2020)

EVALUASI NILAI KECERNAAN BAHAN KERING DAN BAHAN ORGANIK AMONIASI AMPAS SEREH WANGI (CYMBOPOGON NARDUS) PADA DOMBA EKOR TIPIS JANTAN (Nurul A`la, 2019)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy