HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SANTRI PESANTREN MODERN DI KOTA BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

HUBUNGAN ANTARA RELIGIUSITAS DENGAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SANTRI PESANTREN MODERN DI KOTA BANDA ACEH


Pengarang

Cut Putri Novita - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1207101130005

Fakultas & Prodi

Fakultas Kedokteran / Psikologi (S1) / PDDIKTI : 73201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Perilaku prososial merupakan salah satu bentuk perilaku yang tidak dapat dihilangkan dari ajaran islam. Islam mewajibkan setiap manusia agar selalu berperilaku prososial antar sesama termasuk santri yang berada di pesantren. Salah satu faktor yang yang memengaruhi perilaku prososial adalah religiusitas. Religiusitas merupakan tingkat kesadaran akan adanya Allah yang dimengerti menurut pandangan tauhidiyah dalam islam yaitu aqidah dan akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara religiusitas dengan perilaku prososial pada santri pesantren modern di kota Banda Aceh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah santri pesantren modern di kota Banda Aceh yang tersebar dari kelas I tingkat MTsN - kelas III tingkat MA dengan jumlah 255 subjek (121 laki-laki dan 134 perempuan). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan Skala Religiusitas yang di susun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Hamzah et,al dengan koefisien reliabilitas 0,870 dan Skala Perilaku Prososial yang disusun sendiri oleh peneliti berdasarkan teori Eisenberg dan Mussen dengan koefisien reliabilitas 0,839. Hasil analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson menunjukkan koefisien korelasi (r) sebesar 0,605 dengan nilai p = 0,00 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara religiusitas dengan perilaku prososial pada santri pesantren modern di kota Banda Aceh. Artinya, semakin tinggi religiusitas maka semakin tinggi perilaku prososial ataupun sebaliknya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat religiusitas pada santri pesantren modern di kota Banda Aceh tergolong tinggi (95,7%) dan perilaku prososial juga tergolong tinggi (91,8%).

Kata kunci: religiusitas, perilaku prososial, santri pesantren

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK