//

EFEK PEMBERIAN RANSUM YANG DISUBSTITUSI DENGAN KOMBINASI AMPAS TAHU, TEPUNG KERABANG TELUR DAN PROBIOTIK TERHADAP PERSENTASE KARKASDAN KUALITAS DAGING AYAM KAMARAS

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang USWATUN HASANAH - Personal Name

Abstrak/Catatan

RINGKASAN USWATUN HASANAH. Efek Pemberian Ransum Yang Disubstitusi Dengan Kombinasi Ampas Tahu, Tepung Kerabang Telur Dan Probiotik Terhadap Persentase Karkas Dan Kualitas Daging Ayam Kamaras. NURLIANA dan M. AMAN YAMAN. Daging adalah bagian tubuh ternak yang telah disembelih dan layak untuk dikonsumsi. Daging merupakan salah satu hasil ternak yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Sebagai bahan pangan, daging dapat menimbulkan kepuasan atau kenikmatan bagi yang memakannya karena kandungan gizinya lengkap seperti protein hewani, air, energi, vitamin dan mineral, sehingga keseimbangan gizi untuk hidup dapat terpenuhi. Daging ayam sebagai salah satu bahan pangan yang mempunyai kandungan protein yang cukup tinggi sehingga menjadi pangan hewani sumber protein yang berwarna putih. Nilai protein dalam daging ayam yaitu 18,2 mg. Kualitas daging ayam dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu cara pemeliharaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian berbagai dosis kombinasi ampas tahu, tepung kerabang telur dan probiotik dalam ransum terhadap persentase karkas dan peningkatan kualitas daging ayam kamaras. Penelitian ini merupakan penelitian experimental menggunakan 64 ekor DOC ayam kamaras. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap, terdiri dari 4 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diberikan adalah penggunaan ransum dasar berupa ransum komersil N524 yang disubstitusi dengan ransum perlakuan terdiri dari tepung kerabang telur, ampas tahu dan probiotik. Perlakuan yang dicobakan adalah A= RK 100% (kontrol), B =RK 93% + TAT 5% + TKT 1% + PR 1%, C = RK 87%+ TAT 10% + TKT 2% + PR 1 %. D = RK 81% + TAT 15% + TKT 3% + PR 1%. Sampel penelitian adalah ayam kamaras umur 10 Minggu. Variabel yang diamati persentase karkas, persentase lemak abdomen, uji organoleptik, kadar air, kadar protein, kadar lemak, dan kadar kolesterol daging ayam kamaras. Data yang diperoleh dianalisis dengan sidik ragam dan di uji lanjut dengan uji Duncan. Hasil penelitian menunjukkan pemberian substitusi ampas tahu, tepung kerabang telur, dan probiotik dalam ransum berpengaruh nyata (P

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS EKONOMI PEMELIHARAAN AYAM KAMARAS JANTAN DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI TEPUNG AMPAS TAHU + TEPUNG KULIT TELUR + FEED SUPPLEMENT (Murniati, 2016)

ANALISIS USAHA PEMELIHARAAN AYAM “ KALASAN” DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI DENGAN TEPUNG AMPAS TAHU DAN SUPLEMENTASI PROBIOTIK DAN ACIDIFIER (ZULFIZAL, 2015)

E FEK PEMBERIAN PAKAN YANG MENGANDUNG AMPAS KEDELAI TERFERMENTASI ASPERGILLUS NIGER TERHADAP KETEBALAN KERABANG TELUR AYAM KAMPUNG (GALLUS DOMESTICUS) (Chairina Fani, 2014)

PENGARUH PEMBERIAN CAMPURAN AMPAS TAHU (ZAINALDI, 2017)

EVALUASI PERTUMBUHAN AYAM KAMARAS JANTAN DENGAN PEMBERIAN RANSUM KOMERSIL YANG DISUBSTITUSI DENGAN TEPUNG AMPAS TAHU + TEPUNG KULIT TELUR + FEED SUPLEMENT (Iza Zulfiza, 2016)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy