PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERKEMBANGAN BERPIKIR KREATIF DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA MELALUI ELPSA FRAMEWORK DI SMP


Pengarang

NURHALIMAH - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1409200160036

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Nurhalimah (2016). Perkembangan Berpikir Kreatif dan Disposisi Berpikir Kreatif Matematis Siswa melalui ELPSA Framework di SMP.

Salah satu masalah dalam pembelajaran matematika di SMP adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal yang menuntut siswa untuk berpikir tingkat tinggi, khususnya soal non rutin atau terbuka (open ended). Hal tersebut disebabkan salah satunya karena kemampuan berpikir kreatif siswa masih rendah. Mayoritas siswa jika diberikan soal-soal yang menuntut berpikir kreatif, selalu mengalami kesulitan dalam menyelesaikannya. Adapun penyebab lainnya adalah rendahnya disposisi berpikir kreatif matematis siswa. Hal ini terlihat dari kurangnya minat siswa dalam menyelesaikan permasalahan matematika, seperti rendahnya rasa ingin tahu siswa, kurang imajinatif dan tidak berani mengambil resiko. Upaya untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut adalah dengan menerapkan model dalam pembelajaran. Salah satunya adalah model pembelajaran yang mengacu pada ELPSA framework. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perkembangan berpikir kreatif dan disposisi berpikir kreatif matematis siswa SMP melalui ELPSA framework. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini ada 6 (enam) siswa kelas VII-B yang terdiri dari 2 siswa berkemampuan rendah, 2 sedang dan 2 tinggi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini yaitu kemampuan berpikir kreatif dan disposisi berpikir kreatif matematis siswa secara klasikal mengalami perkembangan.

Kata kunci: Berpikir Kreatif, Disposisi Berpikir Kreatif Matematis, ELPSA Framework .

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK