HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING PADA MATERI SEGIEMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 DARUSSALAM ACEH BESAR TAHUN AJARAN 2012/2013


Pengarang

Nilawati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

0806103020098

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.15

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing, Hasil Belajar Siswa
Materi segiempat merupakan salah satu materi yang diajarkan di SMP kelas
VII semester 2. Masih banyak siswa yang merasa kesulitan untuk memahami materi
segiempat, hal ini disebabkan masih kurangnya kemampuan siswa dalam
memecahkan masalah yang diberikan. Segiempat banyak memuat masalah-masalah
dalam kehidupan sehari-hari sehingga dituntut siswa untuk lebih aktif, berfikir kritis,
inovatif, kreatif, memiliki motivasi yang tinggi dan bekerja keras untuk
menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan segiempat, berdasarkan masalah
tersebut maka dibutuhkan suatu model pembelajaran khusus, salah satu model
pembelajaran yang bisa memenuhi tuntutan tersebut adalah model pembelajaran
penemuan terbimbing, dan peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian yang
berjudul “Hasil Belajar siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Penemuan
Terbimbing Pada Materi Segiempat di Kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh
Besar Tahun Pelajaran 2012/2013”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai
ketercapaian hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran penemuan
terbimbing pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 1 Darussalam Aceh
Besar tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen.
Berdasarkan pendekatannya, penelitian ini termasuk pendekatan kuantitatif.
Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 1
Darussalam Aceh Besar, adapun yang menjadi sampel penelitian adalah kelas VII3
berjumlah 20 siswa. Adapun data yang diperlukan untuk penelitian ini dikumpulkan
dengan cara tes, lembar observasi siswa, lembar observasi kemampuan guru, dan
angket respon siswa. Analisis data kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji-t
satu pihak taraf signifikan dan derajat kebebasan dk = 19, dengan mulamula
uji normalitas data, dari hasil perhitungan didapat data bersifat berdistribusi
normal sehingga uji-t bisa dilakukan. Pada uji-t diperoleh lebih besar
dari , yaitu 4,36 1,73 ini menunjukkan bahwa H0 di tolak dan H1
diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa melalui penerapan
model pembelajaran penemuan terbimbing pada materi segi empat di kelas VII SMP
Negeri 1 Darussalam Aceh Besar sudah mencapai taraf berhasil.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK