//

PENGARUH ASPEK GAYA MENGAJAR GURU BIDANG STUDI EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS1 DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Wanti Nur Jadidah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Jadidah, Wanti Nur. 2016. Pengaruh Aspek Gaya Mengajar Guru Bidang Studi Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS1 di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing: (1) Dra. Ruaida, M.Si, (2) Dra. Sakdiyah, M.Si Kata Kunci: Aspek Gaya Mengajar, Prestasi Belajar Guru merupakan salah satu unsur dalam proses pendidikan, guru sangat berperan dalam proses belajar mengajar di kelas. Prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah aspek gaya mengajar guru. Gaya mengajar guru menjadi faktor penting dalam menentukan keberhasilan belajar siswa. Apabila seorang guru memiliki aspek gaya mengajar yang baik maka prestasi belajar siswa juga akan menjadi lebih baik pula. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui aspek gaya mengajar guru bidang studi ekonomi, (2) mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI IPS1 dan (3) mengetahui pengaruh aspek gaya mengajar guru bidang studi ekonomi terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS1 di SMA Inshafuddin Banda Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS1 yang berjumlah 25 siswa. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan angket. Teknik analisi data dilakukan dengan menggunakan rata-rata, koefisien korelasi, koefisien determinasi, dan uji t. Nilai rata-rata untuk aspek gaya mengajar guru sebesar 3,88 dan masuk dalam kategori baik. Nilai korelasi (r) antara aspek gaya mengajar guru dengan prestasi belajar siswa yang diperoleh dari hasil penghitungan adalah 0,37 yang berarti terdapat korelasi yang rendah. Nilai koefisien determinasi sebesar 14%, artinya aspek gaya mengajar guru memberikan kontribusi terhadap prestasi belajar sebesar 14%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa t hitung = 1,90 ≥ t tabel = 1,71, maka menerima Ha menolak H0. Jadi aspek gaya mengajar guru bidang studi ekonomi berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Simpulan dalam penelitian ini adalah aspek gaya mengajar guru bidang studi ekonomi rendah pengaruhnya terhadap prestasi belajar. Hal ini berarti ada faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar siswa, selain dari aspek gaya mengajar guru.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DAN HUBUNGANNYA DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM BIDANG STUDI FISIKA DI SMA INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Sri Wahyuni, 2015)

HUBUNGAN KINERJA GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWARNDI SMA NEGERI 1 MONTASIK (Lismasari, 2014)

CARA MENGAJAR GURU PPL PELAJARAN MATEMATIKA DALAM MEMFASILITASI GAYA BELAJAR SISWA RSBI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANDA ACEH TAHUN AJARAN 2011/2012 (Nurul Fajriah, 2013)

PENGARUH PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN SCIENTIFIC TERHADAP PRESTASI BELAJAR FISIKA KELAS VIII SMP INSHAFUDDIN BANDA ACEH (Ernawati, 2018)

PERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 RNPERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 RNPERBANDINGAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI MATA PELAJARAN SEJARAH ANTARA MAS DARUL ULUM DENGAN SMA INSHAFUDDINRN BANDA ACEHRN2012/2013 (Rahmi Yanti, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy