//
PENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA MELALUIPENDEKATAN METAKOGNITIF |
|
![]() |
BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak |
Pengarang | Ainuna Fasha - Personal Name |
---|---|
Subject | MATHEMATICS TEACHING METHODS STUDY METHODS STUDY SKILLS |
Bahasa | Indonesia |
Fakultas | Program Studi Magister Pendidikan Matematika |
Tahun Terbit | 2016 |
Abstrak/Catatan Ainuna Fasha (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Berpikir Kritis Matematis Siswa melalui Pendekatan Metakognitif Kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis merupakan dua aspek berpikir kompleks yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran matematika. Oleh karena itu perlu adanya pendekatan pembelajaran yang tepat guna meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis siswa. Salah satu pendekatan yang dapat meningkatkan kemampuan ini adalah pendekatan keterampilan metakognitif. Penelitian ini bertujuan untuk menelaah perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan berpikir kritis matematis antara siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif dan siswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan studi eksperimen dengan desain penelitian pre-test post-test control group design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 3 Banda Aceh dengan mengambil sampel dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol melalui teknik purposive sampling dari enam kelas yang tersedia. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes yaitu tes kemampuan pemecahan masalah dan tes berpikir kritis matematis siswa. Untuk melihat adanya perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol digunakan uji-t. Berdasarkan hasil penelitian secara keseluruhan penggunaan pendekatan keterampilan metakognitif dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan berpikir kritis siswa, serta terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan peringkat siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Pendekatan metakognitif, Pemecahan masalah, Berpikir kritis | |
Tempat Terbit | Banda Aceh |
Literature Searching Service |
Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS) |
Share Social Media | |
Tulisan yang Relevan PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA SMP DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PROBLEM POSING. (Rifaatul Mahmuzah, 2014) |
|
Kembali ke sebelumnya | |