//

PENGARUH PEMANGKASAN DAN PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS PUPUK TERHADAP HASIL KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) PADA LAHAN PETANI DI PADANG TIJI PENGARUH PEMANGKASAN DAN PENGGUNAAN BERBAGAI JENIS PUPUK TERHADAP HASIL KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) PADA LAHAN PETANI DI PADANG TIJI

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang EFENDI - Personal Name

Abstrak/Catatan

EFENDI. Pengaruh pemangkasan dan penggunaan berbagai jenis pupuk terhadap hasil kakao (Theobroma cacao L.) pada lahan petani di Padang Tiji. di bawah bimbingan Ashabul Anhar sebagai pembimbing ketua dan Sufardi sebagai pembimbing anggota. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemangkasan dan penggunaan berbagai jenis pupuk terhadap kuantitas dan kualitas hasil kakao pada lahan petani. Penelitian ini dilaksanakan di kebun kakao petani Kecamatan Padang Tiji Kabupaten Pidie mulai Juli 2013-Februari 2014. Bahan-bahan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pupuk Kompos, Pupuk Petroganik, Pupuk Phonska (NPK). Alat-alat yang digunakan yaitu gergaji pangkas, gunting pangkas, parang, pisau, cangkul, timbangan analitik, goni, tali rafia, kantong plastik, spidol, kereta sorong dan handsprayer. Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Kelompok (RAK) pola faktorial 2 x 5 dengan 3 ulangan. faktor yang diteliti adalah : Pemangkasan produksi kakao (P) yaitu P0 : tanpa pemangkasan dan P1 : dengan pemangkasan. Jenis pupuk (J) yaitu J0: tanpa pupuk, J1: pupuk phonska (15-15-15) 300 g per pohon per tahun), j2:pupuk petroganik (18 kg per pohon per tahun), j3 :pupuk kompos (18 kg per pohon per tahun) dan j4 : kombinasi pupuk kompos dosis 9 kg per pohon per tahun dan pupuk phonska (15-15-15) dosis 150 g per pohon per tahun. Peubah yang diamati meliputi jumlah buah per pohon, jumlah buah sehat dan jumlah buah rusak per pohon, jumlah biji kakao per buah, jumlah biji kakao per 100 g biji kering, berat biji kering per pohon, berat biji kering per hektar dan serapan N, P, dan K pada daun.Pemangkasan berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah biji kakao per 100 g biji kering, berat biji kering per pohon dan berat biji kering per hektar, namun tidak berpengaruh terhadap peubah lainnya. Hasil kakao pada lahan petani Padang Tiji terbaik dijumpai pada perlakuan pemangkasan.Penggunaan berbagai jenis pupuk berpengaruh sangat nyata terhadap jumlah biji kakao per buah, jumlah biji kakao per 100 g biji kering dan berat biji kering per hektar, berpengaruh nyata terhadap jumlah buah sehat, namun tidak berpengaruh terhadap peubah. Hasil kakao terbaik dijumpai pada perlakuan jenis Pupuk Phonska ( 300 per pohon per tahun). Terdapat interaksi nyata antara perlakuan pemangkasan dengan penggunaan berbagai jenis pupuk terhadap berat biji kering per pohon, namun tidak terdapat interaksi yang nyata terhadap peubah lainnya. Hasil kakao terbaik dijumpai pada kombinasi perlakuan antara pemangkasan dan penggunaan jenis pupuk Kompos. Kata kunci : Hasil Kakao, Jenis Pupuk, Pemangkasan

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

APLIKASI BERBAGAI JENIS PUPUK DAN PEMANGKASAN UNTUK MENINGKATKAN PRODUKSI DAN KUALITAS KAKAO RAKYAT DI KECAMATAN PADANG TIJI DAN KECAMATAN MILA KABUPATEN PIDIE (Rama Herawati, 2015)

ANALISIS KARAKTERISTIK LAHAN TERHADAP KUALITAS KAKAO (THEOBROMA CACAO L) DI KABUPATEN PIDIE (CUT MULIA SARI, 2015)

EVALUASI SIFAT KIMIA TANAH DAN TEKNIK PENGELOLAAN BUDIDAYA TANAMAN KAKAO (THEOBROMA CACAO L.) DI LEMBAH SEULAWAH, PADANG TIJI DAN TRIENGGADENG (Soebrina, 2020)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKTIVITAS KAKAO PADA PERKEBUNAN RAKYAT DI KABUPATEN PIDIE JAYA (IKHSAN, 2016)

ANALISIS FINANSIAL USAHATANI KAKAO (THEOBREMA CACAO L.)DI KECAMATAN PADANG TIJI KABUPATEN PIDIE (Ahmadun Syawal, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy