PERILAKU PEMILIH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (STUDI DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA) | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PERILAKU PEMILIH PADA PEMILU LEGISLATIF TAHUN 2014 (STUDI DI KECAMATAN SEUNAGAN TIMUR KABUPATEN NAGAN RAYA)


Pengarang

Munawir Syahputra - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1010103020023

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

MUNAWIR SYAHPUTRA PERILAKU PEMILIH PADA PEMILU
2016 LEGISLATIF TAHUN 2014 (Studi di Kecamatan Seunagan Timur Kabupaten Nagan Raya)
Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala
(Maimun, MA)
(xi, 89) pp., pilb., app

Perilaku pemilih merupakan kegiatan seseorang atau kelompok untuk ikut serta secara aktif dalam kehidupan politik, antara lain dengan jalan memilih pemimpin negara dan secara langsung atau tidak langsung, yang ikut mempengaruhi kebijakan pemerintah. Perilaku masyarakat yang dibentuk melalui pemilu merupakan salah satu bentuk pendukung pelaksanaan politik. Kesadaran politik masyarakat pada pemilu legislatif akan memunculkan peran aktif masyarakat dalam meningkatkan mutu kehidupan dengan melakukan pengawasan ketat atas kebijakan penguasa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perilaku pemilih di Kecamatan Seunangan Timur pada pemilu anggota legislatif tahun 2014 dan faktor-faktor yang mempengaruhi pemilih di Kecamatan Seunangan Timur pada pemilu anggota legislatif tahun 2014.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dan menggunakan metode kualitatif kuantitatif (mix method) yang menekankan analisisnya pada hasil lapangan dan studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku pemilih di Kecamatan Seunangan Timur Kabupaten Nagan Raya pada pemilu anggota legislatif tahun 2014 adalah sesuai dengan sifat dan karakteristik dari setiap individu yang bersangkutan. Dalam hal ini terdapat empat perilaku pemilih yang terjadi pada masyarakat di Kecamatan Seunangan Timur, yaitu perilaku rasional (50%), kritis (25%), tradisional (15%) dan skepsis (10%). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilih di Kecamatan Seunangan Timur Kabupaten Nagan Raya pada pemilu anggota legislatif tahun 2014 adalah karena figur calon legislatif, visi dan misi calon legislatif, partai politik yang mendukung calon legislatif, kepribadian dan citra calon, agama yang sama dengan calon serta hubungan kekerabatan dengan calon.

Kata kunci: Perilaku Pemilih, Pemilu Legislatif

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK