MANAJEMEN REDAKSI SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA DALAM MENJAGA LOYALITAS PEMBACA | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

MANAJEMEN REDAKSI SURAT KABAR HARIAN SERAMBI INDONESIA DALAM MENJAGA LOYALITAS PEMBACA


Pengarang

Rina Azvira - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1210102010139

Fakultas & Prodi

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik / Ilmu Komunikasi(S1) / PDDIKTI : 70201

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK


Judul dari penelitian ini adalah “Manajemen Redaksi Surat Kabar Serambi Indonesia Dalam Menjaga Loyalitas Pembaca”. Penelitian ini diteliti karena surat kabar Serambi Indonesia merupakan salah satu media cetak lokal yang menjadi kepercayaan masyarakat Aceh. Dari permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen redaksi surat kabar redaksi Serambi Indonesia dalam menjaga loyalitas pembaca. Teori yang digunakan adalah teori fungsionalisme yang dikategorikan dalam teori organisasi klaksik yang mana dikemukakan oleh Henry Fayol. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara semistruktur, observasi nonpartisipan, dan dokumentasi. Wawancara tersebut dilakukan pada 5 informan pihak internal redaksi surat kabar Serambi Indonesia dan 3 informan yang berlangganan serta membaca surat kabar Serambi Indonesia. Informan penelitian pada penelitian ini dilakukan dengan teknik purposive yaitu teknik yang mencakup orang-orang yang diseleksi atas dasar-dasar kriteria tertentu yang telah ditentukan. Berdasarkan hasil penelitian manajemen redaksi surat kabar Serambi Indonesia dalam menjaga loyalitas pembaca berjalan dengan baik sesuai dengan standar manajemen redaksi dalam memproduksi materi pemberitaan yang berkualitas. Manajemen yang diterapkan dalam kegiatan surat kabar Serambi Indonesia secara 5 fungsi proses manajerial meliputi perencanaan (planning), pengorganisasian (organizing), memerintah (commanding), pengkoordinasian (coordinating) dan pengendalian (controlling). Selain hal tersebut dalam menjaga loyalitas pembaca Serambi Indonesia melakukan upaya adanya program undian berhadiah dibawah organizent event, menjaga mata rantai distribusi ketibaan surat kabar, mempertahankan harga, menjaga rasio antara berita dan iklan, mendesain halaman pertama tiap rubrik dengan desain warna dan didukung foto yang eye catching, dan melakukan sistem cross media yaitu sebuah sistem yang menyatukan pembaca dengan kombinasi media lainnya seperti dengan radio Serambi dan Kompas Tv.

Kata Kunci: Manajemen Redaksi, Serambi Indonesia, Loyalitas Pembaca


Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK