//

PROSES KOMUNIKASI INTERPERSONAL DALAM TA'ARUF (STUDI TERHADAP PASANGAN YANG SUDAH MENIKAH DI KOTA BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Ridwansyah - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Penelitian ini ingin menggambarkan perkembangan hubungan komunikasi interpersonal antara pasangan yang ingin menikah melalui proses ta’aruf sampai mereka memutuskan untuk menikah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi interpersonal pada pasangan yang sudah menikah melalui ta’aruf di kota Banda Aceh. Penelitian ini memfokuskan pada proses ta’aruf sebelum menikah hingga mencapai pernikahan dan menggambarkan proses perkembangan komunikasi interpersonal pada saat ta’aruf. Penelitian ini menggunakan Teori Penetrasi Sosial untuk menjelaskan tahap perkembangan hubungan dalam ta’aruf. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan Teknik Purposif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara semistruktur dengan menggunakan 5 pasangan suami istri yang melalui proses ta’aruf. Hasil penelitian menunjukkan proses yang dilalui oleh pasangan yang melakukan ta’aruf hanya melalui tahap orientasi, sedangkan tahapan afektif eksploratif, afektif, dan pertukaran stabil terjadi setelah pasangan tersebut menikah. Hal ini disebabkan oleh batasan yang ditetapkan dalam ta’aruf membatasi komunikasi interpersonal. Kata Kunci: Proses, Komunikasi Interpersonal, Ta’aruf.

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

STRATEGI KOMUNIKASI INTERPERSONAL UNTUK MENINGKATKAN KEPASTIAN REALISASI PERNIKAHAN MELALUI KEGIATAN TA’ARUF DI KOTA BANDA ACEH (RIZKA AMALIA, 2019)

KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA PASANGAN INTERCULTURAL MARRIAGE (STUDI PADA PASANGAN ACEH-TURKI DI KOTA BANDA ACEH) (Meutia D.N Ishak, 2021)

EVEKTIVITAS KOMUNIKASI INTERPERSONAL ANTARA GURU DENGAN ANAK AUTIS DI BIRO PSIKOLOGI PSIKODINAMIKA BANDA ACEH (Wahyuni, 2020)

HUBUNGAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PIMPINAN DENGAN KARYAWAN DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI KERJA DINAS KEBUDAYAAN DAN PARIWISATA KOTA BANDA ACEH, PROVINSI ACEH (Aditya Pratama A, 2013)

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA DALAM PERKAWINAN CAMPUR SUKU JAWA DENGAN SUKU PAKPAK DI KOTA SUBULUSSALAM (Suparman, 2014)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy