//

PENDIDIKAN POLITIK MAHASISWA MELALUI ORGANISASI KEMAHASISWAAN (SUATU PENELITIAN PADA PENGKADERAN DI ORGANISASI HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) CABANG BANDA ACEH)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang NADIA UTARI - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK NADIA UTARI, 2016 PENDIDIKAN POLITIK MAHASISWA MELALUI ORGANISASI KEMAHASISWAAN (Suatu Penelitian Pada Pengkaderan di Organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) cabang Banda Aceh) Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Syiah Kuala Maimum, MA (xi, 66), pp., bibl., app., Pendidikan Politik adalah sebagai usaha membentuk manusia menjadi partisipan yang bertanggung jawab dalam politik. Pendidikan politik sangat penting di berikan bagi generasi penerus bangsa, karena dengan mendapatkan pendidikan politik akan mencegah lahirnya sarjana-sarjana yang apatis, sarjana yang tidak peduli terhadap isu-isu yang sedang terjadi dimasyarakat dan juga akan terhindar dari politik praktis. Salah satu sarana pelaksana pendidikan politik bagi mahasiswa adalah organisasi Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Proses Pengkaderan yang terjadi di HMI cabang Banda Aceh, untuk mengetahui Pendidikan Politik yang diberikan kepada mahasiswa melalui pengkaderan di HMI cabang Banda Aceh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Data yang diperoleh melalui penelitian lapangan dan kepustakaan. Penelitan lapangan dilakukan dengan wawancara dengan Informan, sedangkan data penelitian kepustakaan dilakukan dengan cara membaca buku, skripsi, jurnal, peraturan perundang-undangan dan bahan-bahan lain yaitu materi, dokumen kegiatan, buku panduan, pedoman pengkaderan, AD/ART dan data kepengurusan HMI yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa Proses Pengkaderan yang terjadi di HMI cabang Banda Aceh sangat sistematis. Dalam kegiatan pengkaderan yang dilaksanakan mempunyai tahapan-tahapan sesuai dengan Pedoman Pengkaderan HMI. Dan Pendidikan Politik yang diberikan kepada mahasiswa melalui pengkaderan di HMI cabang Banda Aceh sudah memenuhi tahapan-tahapan pendidikan politik, namun pendidikan politik yang didapatkan oleh kader belum sepenuhnya efektif, karena tergantung daripada kader, forum, MOT (Master Of Trening), dan Instruktur pada proses pengkaderan tersebut. Diharapkan HMI lebih memaksimalkan dan lebih mengefektifkan perannya dalam kegiatan pengkaderan agar terlaksananya tujuan pendidikan politik dikalangan mahasiswa. Kata Kunci: Pendidikan Politik, Organisasi Kemahasiswaan, HMI

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

SOSIALISASI PENDIDIKAN POLITIK MAHASISWA MELALUI ORGANISASI KEMAHASISWAAN (SUATU STUDI ORGANISASI INTRA KAMPUS UNSYIAH) (ishani, 2016)

PERKEMBANGAN HIMPUNAN MAHASISWA SEJARAH FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA (HIMAS FKIP UNSYIAH) 1969-2015 (Darkasyi, 2018)

PERKEMBANGAN HIMPUNAN MAHASISWA ISLAM (HMI) KOTA BANDA ACEH TAHUN 1962-1998 (Andi Kurniawan, 2017)

PERBEDAAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA MAHASISWA YANG AKTIF DAN TIDAK AKTIF DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN UNSYIAH (Debi Fujiantari, 2014)

INTERAKSI SOSIAL ANTAR ORGANISASI KEMAHASISWAAN (ANALISIS TERHADAP INTERAKSI ANTARA BEM, HIMASIO, HIMAKASI DAN HIMAPOL FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS SYIAH KUALA) (Defarul Andriansyah, 2015)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy