//

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PETANI DALAM BERUSAHATANI LADA DI KABUPATEN ACEH BESAR

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Zainuddin - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Salah satu komoditas perkebunan yang menjadi andalan ekspor Indonesia adalah komoditas lada. Di Indonesia tanaman lada banyak dibudidayakan di Provinsi Lampung, Provinsi Bangka, Provinsi Kalimantan Barat dan Provinsi Aceh. Tanaman lada tersebar di beberapa kabupaten/kota Provinsi Aceh. Namun, perkembangan luas tanam komoditi lada cenderung mengalami penuruna n hampir di setiap kabupaten. Kabupaten Aceh Besar sebagai lumbung produksi lada di Provinsi Aceh juga mengalami penurunan areal luas tanam. kondisi ini sangat kontradiktif karena permintaan dan harga lada yang tinggi namun be lum dimanfaatkan secara optimal. Hal ini merupakan refleksi dari rendahnya motivasi petani dalam berusahatani lada. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat motivasi petani lada dan mengetahui faktor-faktor yang berhubungan terhadap motivasi petani. Metode analisis data yang digunakan ialah sistem skala pengukuran likert dan korelasi rank spearman. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan runtun waktu Periode 2008-2013. Berdasarkan hasil pengujian menggunakan skala pengukuran likert diketahui bahwa tingkat motivasi petani dalam berusahatani lada di Kabupaten Aceh Besar dalam kategori tinggi. Berdasarkan faktor-faktor yang telah diuji menggunakan korelasi rank spearman maka diketahui bahwa faktor-faktor yang berhubungan dengan tingkat motivasi petani dalam berusahatani lada adalah motivasi petani dengan keters ediaan saprodi, motivasi petani dengan sifat kosmopolit petani, dan motivasi petani dengan lembaga penunjang. Sedangkan pendapatan dan lembaga pelayanan tidak ada hubungan dengan motivasi petani lada. Kata Kunci: Usahatani Lada, Tingkat Motivasi Petani, Faktor Eksternal, Korelasi Rank Spearman

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS MOTIVASI PETANI DALAM BERUSAHATANI PADI SAWAH BERDASARKAN STATUS KEPENGUASAAN LAHAN DI KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN (RINALDI MIRZA, 2015)

ANALISIS FAKTOR – FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PRODUKSI LADA (PIPER NIGRUM, L) DI KECAMATAN MESJID RAYA,RNKABUPATEN ACEH BESAR (Try Hendra Permana, 2014)

ANALISIS MOTIVASI PETANI PENGRAJININDUSTRI RUMAH TANGGA GULA AREN DI KECAMATAN PINING KABUPATEN GAYO LUES (HERDIANTO, 2016)

FAKTOR – FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN MOTIVASI PEGAWAI NEGERI SIPIL DALAM BERUSAHATANI PADI SAWAH DI KECAMATAN INDRAPURI ACEH BESAR (Necia, 2015)

MOTIVASI PETANI DALAM MELAKUKAN USAHATANI KELAPA SAWIT DI KECAMATAN BAKONGAN TIMUR KABUPATEN ACEH SELATAN (Masrafit, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy