PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMPN 3 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

   

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION PADA MATERI OPERASI ALJABAR KELAS VIII SMPN 3 BANDA ACEH


Pengarang

Siti Maisarah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020095

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Subject
-
Kata Kunci
-
Penerbit

Banda Aceh : Universitas Syiah Kuala., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

-

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK

Maisarah, Siti. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization pada Materi Operasi Aljabar Kelas VIII SMPN 3 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

Drs. Budiman, M.Si. (2) Dra. Yuhasriati, M.Pd

Kata Kunci: Hasil Belajar, model pembelajaran kooperatif tipe TAI, materi operasi aljabar

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menduduki peranan penting dalam pendidikan. Pelajaran matematika dalam pelaksanaan pendidikan menjadi mata pelajaran yang wajib dipelajari di sekolah. Akan tetapi, sebagian besar peserta didik masih memiliki minat dan tingkat perhatian yang kurang terhadap mata pelajaran matematika. Agar matematika itu mudah dipahami oleh peserta didik, maka tugas guru menciptakan proses pembelajaran yang dapat membuat peserta didik lebih tertarik belajar matematika. Solusi untuk dapat membuat peserta didik aktif dalam belajar adalah dengan menggunakan pembelajaran kooperatif. Salah satu model dalam pembelajaran kooperatif adalah model pembelajaran tipe TAI (Team Assisted Individualization). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar peserta didik melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Hasil belajar peserta didik yang didapat melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) diperbandingkan terhadap nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pelajaran matematika di sekolah tersebut, yaitu sebesar 70. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Dan pengumpulan data dilakukan dengan memberi tes dengan instrumen berupa soal tes dalam bentuk essay pada materi operasi aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 31 peserta didik dari kelas VIII-4 yang terpilih secara random. Data tes diperoleh diolah dengan menggunakan uji statistik yang sesuai yaitu uji satu pihak, tepatnya uji pihak kanan. Dari hasil pengolahan data didapat thitung = 2,21 dan ttabel = 1,70 atau thitung > ttabel pada taraf signifikan ? = 0,05. Berdasarkan kriteria pengujian, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik pada materi operasi aljabar melebihi kriteria ketuntasan minimal dengan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization).

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK