//

Pengaruh Pengaplikasian Pelet Getah Biduri (Calotropis gigantea) Terhadap Penyembuhan Ulkus Traumatik Secara Klinis Dan Histopatologi Pada Tikus Putih (Rattus norvegicus)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Muhammad Abzar Ghifahri - Personal Name
SubjectDENTAL DISEASES
ULKUS TRAUMATIK
CALOTROPIS GIGANTEA
Bahasa Indonesia
Fakultas Fakultas Kedokteran
Tahun Terbit 2013

Abstrak/Catatan

Ulkus traumatik merupakan jenis luka yang sering terjadi pada rongga mulut. Aktivitas rongga mulut dapat menyebabkan ulkus traumatik. Pelet dari getah biduri (Calotropis gigantea) yang merupakan tanaman herbal mengandung flavonoid, tanin, alkaloid, steroid, saponin yang berperan dalam kontraksi luka, peningkatan reepitelisasi, serta sebagai antiinflamasi dan antimikroba yang juga berperan dalam proses penyembuhan luka. Penelitian ini bertujuan mengetahui adanya pengaruh pengaplikasian pelet getah biduri (Calotropis gigantea) terhadap penyembuhan ulkus traumatik secara klinis dan histopatologi pada tikus putih (Rattus norvegicus). Penelitian eksperimental laboratoris ini menggunakan 27 ekor tikus dengan berat (200-250gr) dan usia 2-3 bulan sebagai hewan coba. Setiap kelompok dioleskan hidrogen peroksida (H2O2) 30% pada mukosa labial rahang bawah untuk mendapatkan ulkus traumatik. Pelet getah biduri diaplikasikan secara topikal pagi dan sore selama 7 hari. Hasil klinis penelitian ini menunjukkan dengan adanya pengecilan luas ulkus traumatik dan hasil histopatologis menunjukan pengurangan sel inflamasi, terbentuknya serat-serat kolagen, dan reepitelisasi. Hasil uji statistik menunjukkan pelet getah biduri (Calotropis gigantea) berpengaruh terhadap penyembuhan ulkus traumatik secara klinis dan histopatologi secara bermakna pada hari ke-3 dan ke-7 (p≤0,05). Kata kunci: pelet getah biduri (Calotropis gigantea), ulkus traumatik, mukosa oral, penyembuhan ulkus

Tempat Terbit Banda Aceh
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

PERUBAHAN KLINIS DAN HISTOPATOLOGI PENYEMBUHAN ULSER TRAUMATIK TIKUS PUTIH (RATTUS NORVEGICUS) SETELAH APLIKASI GETAH JARAK CINA (JATROPHA MULTIFIDA) (Lydia Sartika, 2016)

PENGARUH EKSTRAK PROPOLIS TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Rika Mulia Mara, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEPAYA (CARICA PAPAYA LINN) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (Gustiyani, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN PEGAGAN (CENTELLA ASIATICA) TERHADAP PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL(PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (CUT NADIRA SABILLA, 2014)

PENGARUH EKSTRAK DAUN UBI JALAR UNGU (IPOMOEABATATAS L.) TERHADAP LUAS DAN PERSENTASE PENYEMBUHAN ULKUS TRAUMATIK PADA MUKOSA ORAL (PENELITIAN PADA TIKUS MODEL) (INTAN NOVITA, 2017)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy