//

DAMPAK PARTISIPASI MASYARAKAT DAN STAKEHOLDER TERHADAP PROGRAM CSR (SUATU PENELITIAN DI KECAMATAN KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG PT. PERTAMINAEP FIELD RANTAU)

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang CUT NURWINDA - Personal Name

Abstrak/Catatan

ABSTRAK Coorporate Social Responsibility (CSR) merupakan komitmen perusahaan atau dunia usaha untuk berkonstribusi dalam pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dengan memperhatikan tanggung jawab sosial perusahaan dan menitikberatkan pada keseimbangan antara perhatian terhadap aspek ekonomis, sosial dan lingkungan tercantum dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas Pasal 1 angka 3. PT. Pertamina EP Field Rantau, membuat program CSR di sekitar wilayah operasional ring 1 PT. Pertamina EP Field Rantau. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi stakeholder dalam menjalankan program CSR berbasis pemberdayaan dan untuk mengetahui dampak dari program CSR terhadap lingkungan sekitar perusahaan serta pengaruhnya terhadap peningkatan ekonomi masyarakat penerima manfaat di Kampung Kebun Tanjung Seumantoh, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang. Peneitian ini menggunakan teori peran (role theory) oleh Fisher (1982) yang mengemukakan bahwa suatu peran dapat dipelajari individu sebagai suatu pola perilaku ketika individu menduduki suatu peran tertentu dalam sistem sosial. Teori ini juga dikenal dengan istilah role position yang artinya sekelompok orang yang memperlihatkan atribut dan perilaku yang sama. Dalam setiap role position, terkandung istilah role expectation. Artinya keyakinan tentang serangkaian perilaku yang layak, hak-hak, kewajiban, dan keistimewaan-keistimewaan yang ditujukan pada posisi peran tertentu. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini bahwa partisipasi stakeholder dalam menjalankan program CSR berbasis pemberdayaan yaitu memberikan penyuluhan, memberikan informasi, kritik serta saran, dan evaluasi. Adapun dampak program CSR terhadap lingkungan sekitar perusahaan yaitu dalam bidang ekonomi, pengetahuan masyarakat bertambah, dan menambah kekompakkan serta menjadikan dusunnya terkenal. Kesimpulan menunjukkan bahwa program CSR PT. Pertamina EP Field Rantau telah berhasil mensukseskan serta mensejahterakan masyarakat daerah sekitar operasional ring 1 perusahaan dengan meningkatnya kondisi sosial, hubungan kekuatan kejasama terjalin dengan baik kekuatan jejaring dan kondisi ekonomi yang meningkat dapat dilihat dari pendapatan, fasilitas buang air besar. Kata Kunci : Corporate Social Responsibility, Stakeholder, Masyarakat

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ASIMILASI MASYARAKAT PENDATANG DENGAN MASYARAKAT LOKAL (ASIMILASI ETNIS TAMIANG DAN ETNIS BATAK DI DESA RANTAU PAUH, KECAMATAN RANTAU, KABUPATEN ACEH TAMIANG) (Mutia, 2018)

HUBUNGAN PANJANG LENGAN TERHADAP KEMAMPUAN LEMPAR CAKRAM PADA SISWA SMA NEGERI 1 KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG TAHUN AJARAN 2013/2014 (Saiyah, 2015)

PENGARUH FAKTOR EKONOMI TERHADAP PENDAPATAN BURUH PENYADAP KARET PADA PT. BETAMI DI KECAMATAN RANTAU KABUPATEN ACEH TAMIANG (zul fitra nasai, 2013)

GAYA BUSANA ADAT PENGANTIN TAMIANG DALAM UPACARA PERKAWINAN DI DESA KEBUN TANAH TERBAN KECAMATAN KARANG BARU ACEH TAMIANG (Tiara , 2016)

KETUNTASAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA MATERI MEMAHAMI KELANGSUNGAN HIDUP MAKHLUK HIDUP DI KELAS IX SMPNEGERI 2 KARANG BARU KABUPATEN ACEH TAMIANG (Ummi Kalsum, 2013)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy