HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

HUBUNGAN KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 BANDA ACEH


Pengarang

Mukhlisah - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1206103020007

Fakultas & Prodi

Fakultas KIP / Pendidikan Matematika (S1) / PDDIKTI : 84202

Penerbit

Banda Aceh : FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS SYIAH KUALA., 2016

Bahasa

Indonesia

No Classification

152.4

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Mukhlisah. 2016. Hubungan Kecerdasan Emosional terhadap Hasil Belajar Matematika pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahuan, Universitas Syiah Kuala. Pembimbing:

(1) Drs. Musafir Kumar, M.Si., (2) Dr. Cut Morina Zubainur, M.Pd.

Kata kunci: kecerdasan emosional, hasil belajar.

Matematika merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan kecerdasan inteligensi. Namun untuk memaksimalkan pencapaian tujuan pembelajaran matematika, perlu memperhatikan aspek kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional, bentuk linieritas kedua varaiabel, serta hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh.
Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif (Mix Method) yaitu Explanatory Mixed Methods Design, serta jenis penelitian korelasi Rank Spearman. Subjek penelitian dipilh secara purposive yaitu 3 kelas yang terdiri atas 2 kelas IA dan 1 kelas IS yang berjumlah 94 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kecerdasan emosional dan dokumentasi guru dari nilai tes hasil belajar induksi matematika. Kecerdasan emosional meliputi: self awareness, self management, motivation, empathy, dan relationship management..
Simpulan penelitian ini adalah tingkat kecerdasan emosional pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh termasuk kategori tinggi (76,6%), hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh tidak berbentuk linier dan tidak adanya hubungan antara kecerdasan emosional terhadap hasil belajar matematika pada siswa kelas XI SMA Negeri 4 Banda Aceh.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK