//

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI POLA TANAM MONOKULTUR DAN POLIKULTUR DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA

BACA FULL TEXT ABSTRAK Pemesanan Versi cetak
Pengarang Rizael zoelfahmie - Personal Name

Abstrak/Catatan

Pada Kecamatan Meureudu, ada dua jenis pola tanam usahatani pada lahan sawah, yaitu pola tanam Monokultur dan pola tanam Polikultur. Pola tanam monokultur adalah penanaman hanya satu jenis tanaman dalam satu tahun yaitu padi, sedangkan pola tanam polikultur adalah penanaman lebih dari satu tanaman dalam waktu satu tahun yaitu padi dan kedelai.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Teknik penarikan sampel adalah cluster sampling dan data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder. Rata – rata luas lahan yang melakukan pola tanam monokultur adalah 0,22 Ha, sedangkan luas lahan pada pola tanam polikultur adalah 0,15. Rata – rata hasil panen petani yang melakukan pola tanam monokultur 3,2 Ton/Tahun, sedangkan rata – rata hasil panen pada pola tanam polikultur 1,9 Ton/Tahun untuk tanaman padi dan 0,48 Kg/Tahun untuk tanaman kedelai. Perbandingan petani yang menggunakan pola tanam monokultur dan polikultur di Kecamatan Meureudu adalah 65 : 35. Pada umumnya petani di Kecamatan Meureudu yang menggunakan pola tanam monokultur memperoleh pendapatan 42 juta/Ha/Tahun, sedangkan pada penggunaan pola tanam polikultur memperoleh pendapatan 58 juta/Ha/Tahun. Kendala yang dihadapi oleh petani yang melakukan pola tanam monokultur dari hasil wawancara yaitu pada serangan hama tikus, burung pipit dan saluran air, sedangkan pada pola tanam polikultur dari hasil wawancara yaitu pada serangan hama tikus, burung pipit, saluran air dan ternak warga. Kata Kunci: Pendapatan, Monokultur, dan Polikultur

Tempat Terbit
Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Share Social Media

Tulisan yang Relevan

ANALISIS PERBANDINGAN PENDAPATAN PETANI TOMAT (LYCOPERSICUM ESCULENTUM) ANTARA POLA TANAM MONOKULTUR DAN POLA TANAM TUMPANG SARI DI KECAMATAN SEULIMEUM KABUPATEN ACEH BESAR (Cut Mega Ratna, 2021)

ANALISIS EFEKTIVITAS KEBIJAKAN PENGELOLAAN ZAKAT DI NANGGROE ACEH DARUSSALAM (Romi Juliansyah, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI CABAI MERAH ANTARA POLA TANAM MONOKULTUR DENGAN POLA TANAM TUMPANG SARI DI KECAMATAN PIDIE KABUPATEN PIDIE (Faidil Akbar, 2020)

ANALISIS PERBANDINGAN PRODUKTIVITAS DAN PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH SISTEM KONVENSIONAL DENGAN SISTEM JAJAR LEGOWO DI GAMPONG RHING BLANG KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Miranda Rosiva, 2019)

PERBANDINGAN KONTRIBUSI USAHA TANI PADI DAN KEDELAI TERHADAP PENDAPATAN PETANI DI KECAMATAN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA (Syarifah Urza, 2020)

  Kembali ke sebelumnya

Pencarian

Advance



Jenis Akses


Tahun Terbit

   

Program Studi

   

© UPT. Perpustakaan Universitas Syiah Kuala 2015     |     Privacy Policy