MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 2 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Pengarang

Syawirul Yati - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103140029

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

ABSTRAK
Kata Kunci : Pembelajaran Matematika Kontekstual,materi segiempat.
Berdasarkan standar isi dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, materi segiempat diajarkan bagi siswa kelas VII SMP. Sebagaimana observasi yang dilakukan oleh peneliti maka diperoleh bahwa sebagian dari siswa menganggap pelajaran matematika merupakan suatu pelajaran yang sukar untuk dipahami. Pembelajaran matematika kontekstual dapat dijadikan sebagai alternatif pendekatan dalam pembelajaran matematika untuk membangun konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika dengan menjadikan masalah-masalah kontekstual sebagai titik awal pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapaktuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pendekatan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segiempat di kelas VII SMP Negeri 2 Tapaktuan. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Tapaktuan Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus, data aktivitas siswa dan aktifitas guru dalam mengelola pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa untuk siklus I dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 61,90% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase siswa yang tuntas 85,7% dan pada siklus ke III memperoleh persentase ketuntasan sebesar 100%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa pembelajaran dengan pendekatan matematika kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas kelas VII SMP Negeri 2 Tapaktuan tahun pelajaran 2012/2013 pada materi segi empat.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK