MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013 | ELECTRONIC THESES AND DISSERTATION

Electronic Theses and Dissertation

Universitas Syiah Kuala

    SKRIPSI

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP MATERI SEGI EMPAT DI KELAS VII SMP NEGERI 1 TAPAKTUAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Pengarang

Fauzi - Personal Name;

Dosen Pembimbing



Nomor Pokok Mahasiswa

1106103140030

Fakultas & Prodi

Fakultas / / PDDIKTI :

Penerbit

Banda Aceh : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan., 2013

Bahasa

Indonesia

No Classification

370.152 3

Literature Searching Service

Hard copy atau foto copy dari buku ini dapat diberikan dengan syarat ketentuan berlaku, jika berminat, silahkan hubungi via telegram (Chat Services LSS)

Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Materi Segi Empat.
Berdasarkan standar isi dalam kurikulum tingkat satuan pendidikan, materi segi empat diajarkan bagi siswa kelas VII SMP. Sebagaimana observasi yang dilakukan oleh peneliti bahwa hasil belajar siswa belum memuaskan, siswa cenderung pasif dalam memahami konsep matematika. Pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dijadikan sebagai alternatif dalam pembelajaran matematika untuk membangun konsep-konsep dan prinsip-prinsip matematika. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap materi segiempat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 1 Tapaktuan?. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskusikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi segi empat di kelas VII SMP Negeri 1 Tapaktuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sedangkan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini meliputi hasil belajar siswa yang diambil dari pemberian tes pada akhir siklus, data aktivitas siswa dan aktivitas guru dalam mengelola pembelajaran yang diambil dari lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif berupa persentase. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa hasil belajar siswa untuk siklus I dengan persentase siswa yang tuntas sebesar 63,33%, pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase siswa yang tuntas 83,33% dan pada siklus ke III memperoleh persentase ketuntasan sebesar 93,33%. Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi segi empat segi empat di kelas VII SMP Negeri 1 Tapaktuan Tahun Pelajaran 2012/2013.

Tidak Tersedia Deskripsi

Citation



    SERVICES DESK